Hasil pertandingan pembuka sepakbola putri Olimpiade Rio 2016

Rappler.com
Hasil pertandingan pembuka sepakbola putri Olimpiade Rio 2016
Tuan rumah Brasil dan juara bertahan AS berhasil mengalahkan lawan-lawan mereka

JAKARTA, Indonesia—Tuan rumah Brasil dan juara bertahan Amerika Serikat berhasil memenangkan laga pertama mereka dalam cabang olahraga sepakbola putri pada Rabu, 3 Agustus.

Brasil menang mudah atas Tiongkok dengan skor 3-0, lewat gol yang dicetak oleh Monica, Andressa Alves, dan Cristiane.

Amerika Serikat memulai upaya mereka mendapatkan emas keenam berturut-turut di cabang olahraga ini dengan kemenangan 2-0 atas Selandia Baru.

Pemain terbaik dunia tahun ini Carli Lloyd membuka kemenangan AS sebelum akhirnya Alex Morgan mencetak gol penutup.

Meskipun demikian, pertandingan cabang olahraga sepakbola putri yang merupakan pembuka Olimpiade Rio 2016 ini kurang menarik penonton. Dalam pertandingan perdana antara Swedia melawan Afrika Selatan, terdapat 60 ribu kursi kosong di stadion.

Pertandingan antara Brasil vs Tiongkok adalah satu-satunya yang dipenuhi penonton. Warga Brasil berharap pemain terbaik dunia tahun ini Marta dapat menjadi inspirasi untuk meraih lebih dari medali perak seperti 2004 dan 2008 dan menghentikan rekor AS yang telah merebut emas sebanyak tiga kali berturut-turut.

Tahun ini merupakan Olimpiade keempat bagi Marta yang kini berusia 30 tahun. Para penonton bahkan mengelu-elukan namanya dan mengatakan bahwa ia lebih baik dari bintang sepakbola Brasil dan dunia, Neymar.

“Mencetak tiga gol melawan Tiongkok, dengan seluruh tekanan yang ada, adalah hasil yang sangat sempurna,” kata Marta yang memberikan kontribusi pada gol voli yang dicetak Andressa Alves.

Namun mengalahkan juara bertahan AS tidaklah mudah. Lloyd yang sebelumnya mencetak hat-trick di final Piala Dunia, menjadi bintang dalam pertandingan melawan Selandia Baru yang dimenangkan AS 2-0.

Lloyd mencetak gol lewat sundulannya dengan memanfaatkan umpan dari Tobin Heath. 

Sementara juara dunia dua kali Jerman berhasil membantai Zimbabwe 6-1 dan berada di puncak grup F.

Kanada mencatatkan dua rekor dunia saat mengalahkan Australia 2-0. Janine Beckie mencetak gol tercepat dalam sejarah sepakbola putri, ia hanya butuh 19 detik untuk merobek gawang Australia.

Sayang, rekan setimnya Shelina Zadorsky kemudian mencatatkan kartu merah tercepat pada menit 19.

Nilla Fischer dari Swedia berhasil mencetak gol pertamanya di Olimpiade saat ia mengalahkan Afrika Selatan 1-0. —Laporan AFP/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.