Olimpiade Rio: Usain Bolt dapat medali emas nomor 200 meter

Rappler.com
Olimpiade Rio: Usain Bolt dapat medali emas nomor 200 meter
Usain Bolt mencapai garis finish dengan catatan waktu 19,79 detik.

JAKARTA, Indonesia — Usain Bolt kembali menjadi yang tercepat dalam lomba balap lari 200 meter pria di Olimpiade Rio pada Kamis, 18 Agustus, waktu setempat (Jumat pagi, 19 Agustus WIB).

Ia mencapai garis finish dengan catatan waktu 19,79 detik.

Namun ia tampak tak sebahagia sebelumnya, karena batal memecahkan rekor dunia yang ia buat sendiri di Beijing pada 2009, yaitu selama 19,19 detik.

Meski demikian, begitu selesai balapan, Bolt berteriak ke kamera, “Number one!” Ia tetap menjadi yang tercepat di kelasnya.

Sementara itu, De Grasse dari Kanada menempati peringkat kedua dan Lemaistre dari Perancis di posisi ketiga.

Ini adalah medali emas kedua Bolt di Olimpiade Rio. Ia sebelumnya telah meraih emas untuk nomor balapan 100m pada 14 Agustus.

Pria yang akan berulang tahun ke 30 pada pekan depan ini, juga diprediksi akan menambah koleksi medali emasnya dengan menjuarai nomor  4×100 estafet di Olimpiade Rio. 

Usain Bolt (tengah) dan Andre De Grasse (kiri) saling tersenyum dalam babak semifinal lomba lari nomor 200 meter di Olimpiade Rio, pada 17 Agustus 2016. Foto oleh Srdjan Suki/EPA

Sebelumnya, Bolt dan De Grasse tertangkap kamera saling tersenyum satu sama lain saat hendak mencapai garis finish di babak semifinal nomor 200 meter, pada 17 Agustus waktu setempat.

Foto keduanya langsung menjadi viral di media sosial.

Bolt dan De Grasse kemudian berpelukan, seperti yang telah mereka lakukan juga pada final nomor lari 100 meter — di mana Bolt menjadi juaranya dan De Grasse menempati posisi tiga.

Bolt mengakui bahwa De Grasse mengagetkannya.

“Ia seharusnya melambat. Saya katakan kepadanya, ‘Apa yang kamu lakukan? Ini babak semifinal!’ Tapi saya rasa ia ingin mendorong saya. Saya sedikit malas sebetulnya, tapi saya harus memaksanya,” kata Bolt, tentang momen “bromance” nya bersama De Grasse.

Sementara itu, De Grasse mengatakan, “Kami hanya bersenang-senang. Saya hanya ingin mendorongnya melampaui batas yang ia miliki sedikit saja”. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.