Yang harus diperhatikan saat menyimpan daging dan makanan sisa di kulkas

Rappler.com
Yang harus diperhatikan saat menyimpan daging dan makanan sisa di kulkas
Cermati cara terbaik untuk menyimpan daging dan kapan waktu terbaik untuk mengonsumsinya kembali

JAKARTA, Indonesia – Di masa perayaan hari raya Idul Adha seperti saat ini, pastilah banyak hidangan olahan spesial yang telah dipersiapkan untuk disantap bersama keluarga.

Namun jika seluruh rangkaian perayaan telah usai, tentu saja banyak keluarga yang masih harus menyimpan sisa daging kurban ataupun sisa olahan makanan.

Beberapa tips di bawah ini bisa membantu Anda untuk menyimpan sisa daging dan makanan olahan dengan baik tanpa mengurangi kualitasnya.

Simak di bawah ini:

-Beberapa makanan, termasuk daging, harus disimpan di kulkas untuk memperlambat pertumbuhan bakteri dan kuman dan untuk memastikan daging tetap segar dan bisa tahan lama.

-Makanan sisa harus dibiarkan sampai mencapai suhu ruangan dan kemudian bisa dimasukkan ke dalam kulkas. Maksimal waktu penyimpanan untuk makanan sisa adalah dua hari.

-Jangan simpan daging atau makanan sisa dalam wadah kaleng karena akan berdampak pada perubahan rasa karena sudah terpapar rasa kaleng atau metal dari wadah tersebut.

-Jika makanan sisa memiliki aroma yang cukup kuat, pastikan untuk menutup wadahnya sebelum disimpan di dalam kulkas bersma makanan lainnya.

-Cek temperatur kulkas Anda. Suhu terbaik kulkas untuk bisa menyimpan makanan dengan kualitas maksimal adalah 5 derajat celcius atau di bawahnya.

-Sebelum menyimpan makanan, pastikan kulkas Anda bersih dan higienis.

-Pisahkan daging mentah dengan makanan olahan di dalam kulkas.

-Jika ingin memasak daging mentah yang sebelumnya sudah disimpan dalam kulkas, Anda bisa memasukkannya terlebih dahulu ke microwave selama beberapa saat jika memang ingin langsung mengolahnya. Jika tidak memiliki microwave, keluarkan daging dan biarkan dalam wadah mangkuk selama beberapa jam.

-Setelah dikeluarkan dari kulkas, daging harus diolah dalam waktu maksimal 24 jam.

-Gunakan banyak bumbu dan rempah untuk mengolah daging yang sudah pernah disimpan dalam kulkas untuk memberi citarasa lebih.

-Untuk mengonsumsi kembali makanan sisa yang etlah dimasukkan dalam kulkas, keluarkan dari kulkas dan panaskan di suhu minimal 70 derajat celcius dalam dua menit pertama dan setelahnya sesuaikan dengan jenis makanannya.

-Setelah dikeluarkan dari kulkas, makanan sisa hanya bisa dikonsumsi satu kali lagi. Jangan memasukkannya kembali ke dalam kulkas dan memanaskan kembali.-Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.