Indonesia wRap: 30 September 2014

Rappler.com
Indonesia wRap: 30 September 2014
Indonesia di ambang batas: Maju ke depan atau kembali ke Orde Baru?

JAKARTA, Indonesia — Koalisi Merah Putih kembali menunjukkan taringnya. Sementara itu Presiden SBY kembali dari kunjungan luar negeri dan disambut oleh #WelcomeMrLiar. 

1. Setelah UU Pilkada, Koalisi Merah Putih akan kembalikan pemilihan Presiden lewat MPR?

“Sebuah skenario yang seperti mimpi buruk,” tulis editorial harian Jakarta Globe, Selasa (30/9). Setelah berhasil mengesahkan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah di tingkat DPR pekan lalu, tampaknya Koalisi Merah Putih pimpinan mantan calon presiden Prabowo Subianto akan mengembalikan pemilihan presiden melalui MPR. Dengan demikian hak rakyat untuk memilih pemimpinnya diberangus total. Mahkamah Konstitusi, Senin (29/9), menolak uji materi PDI-P terkait UU MD3, yang akan semakin memperkuat peranan Koalisi Merah Putih di parlemen. Tujuan akhirnya: merevisi 122 UU, salah satunya mengembalikan kuasa MPR untuk mengontrol eksekutif dan melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi.

2. #WelcomeMrLiar sambut SBY dari kunjungan luar negeri 

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terpaksa memotong singkat kunjungan luar negerinya mengingat kondisi dalam negeri yang dipenuhi protes terhadap dirinya setelah Partai Demokrat yang dipimpinnya dinilai menjadi biang keladi yang meloloskan UU Pilkada. Namun, bukan sapaan hangat yang diterimanya, tapi sebuah tagar di Twitter #WelcomeMrLiar yang menjadi trending topic teratas. Tagar tersebut menggantikan hashtags sebelumnya yang terus bertahan di puncak trending topic sejak UU Pilkada disahkan Jumat (26/9) pekan lalu. 

3. Atlet lompat jauh persembahkan Indonesia emas ketiga di Asian Games

LOMPAT TINGGI. Atlet lompat jauh Indonesia Maria Natalia Londa meraih medali emas ketiga untuk Indonesia di Asian Games 2014, Senin (29/9). Foto oleh AFP

Terinspirasi berita bahwa Asian Games berikutnya akan digelar di Indonesia, atlet lompat jauh Maria Londa berhasil menyabet medali emas, Senin (29/9). Maria mencatat jarak lompatan 6,55 meter yang juga mempertajam rekor pribadi. Kini Indonesia mengoleksi 13 medali (3 emas, 3 perak, 7 perunggu) dan berada di peringkat 16 klasemen. Selengkapnya di Rappler.com.

4. Warga Indonesia di Hong Kong dihimbau hindari tempat kerusuhan

Sekitar 150,000 warga Indonesia yang berada di Hong Kong dihimbau oleh konsulat jenderal Indonesia untuk menghindari area demonstrasi yang digelar massa pro-demokrasi. Puluhan ribu massa pro-demokrasi Hong Kong, Senin (29/9) bentrok dengan aparat kepolisian, meminta Tiongkok memperbolehkan pemilihan umum langsung di Hong Kong. Pihak kepolisian terlihat menyemprotkan gas air mata untuk mengontrol demonstrator. Pantau perkembangan terbaru di Hong Kong di live blog Rappler.com.

DUDUKI CENTRAL. Massa pro-demokrasi di Hong Kong duduki pusat pemerintahan, Senin (29/9). Foto oleh Alex Hofford/EPA

5. Kereta wisata akan jadi hiburan baru Kota Tua

PT Kereta Api Indonesia tengah merampungkan restorasi kereta listrik pertama yang beroperasi di Indonesia untuk melengkapi Kota Tua Jakarta, seperti yang dilaporkan Tempo.co. Kereta wisata ini hanya akan beroperasi Sabtu dan Minggu, dan menjalani rute Kota-Ancol-Tanjung Priok. —Rappler.com.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.