SAKSIKAN: Aksi Bela Islam jilid II

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

SAKSIKAN: Aksi Bela Islam jilid II
Mereka menuntut agar Gubernur DKI Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama segera diproses hukum karena dianggap telah menghina ayat suci.

JAKARTA, Indonesia — Ribuan pengunjuk rasa dari berbagai organisasi masyarakat berbasis keagamaan mulai bergerak menuju ke depan Istana Negara di Jakarta Pusat, pada Jumat siang, 4 November.

Sebelumnya, massa berkumpul di Masjid Istiqlal dan mulai merangsek ke Istana pasca ibadah salat Jumat. 

Mereka menuntut agar Gubernur DKI Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama segera diproses hukum karena dianggap telah menghina ayat suci.

Sebagian besar pengunjuk rasa memakai kopiah dan koko berwarna putih. Mereka memenuhi ruas jalan menuju Istana Negara, sambil meneriakkan yel-yel dan membaca salawat dalam perjalanan.

Sementara itu, massa yang sudah menunggu di depan Istana Merdeka bersiap memulai aksi.

Mereka menuntut Presiden Joko “Jokowi” Widodo untuk memproses Ahok secara hukum, yang dinilai telah menistakan surah Al-Maidah ayat 51.

Seorang ibu yang hanya menyebut dirinya sebagai “Hamba Allah” siap ikut aksi dengan kursinya di bawah terik matahari. Ia menghampiri Rappler dan berkata, “Aksi kita ini merupakan reaksi dari Ahok karena tidak ada follow up dari proses hukum sehingga melebar ke mana-mana”.

Laskar Mujahiddin pun sudah bersiap membentuk barisan di garda terdepan yang berbatasan langsung dengan pagar kawat berduri di depan Istana.

Pasukan huru-hara dan personel gabungan Polisi dan TNI juga sudah berdiri dan bersiaga mengamankan jalannya demo.

—Dengan laporan Uni Lubis/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!