Meniti karier atau melanjutkan kuliah lagi?

Sakinah Ummu Haniy
Meniti karier atau melanjutkan kuliah lagi?
Perlu pertimbangan matang sebelum mengambil keputusan

JAKARTA, Indonesia – “Fokus ke karier atau kuliah lagi ya?”

Pertanyaan tersebut sering kali mampir dipikiran kita yang berada dalam usia seperempat abad. Rasanya, setelah beberapa tahun lulus dari bangku kuliah sudah saatnya menambah ilmu dengan kembali belajar di level yang lebih tinggi. Namun rasanya karier yang telah dibangun dalam beberapa tahun terakhir juga sayang untuk ditinggalkan.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat akan mengambil keputusan penting ini?

Seberapa penting

Yang wajib dipertanyakan pertama kali saat harus memutuskan untuk kuliah lagi adalah: seberapa penting pendidikan untuk hidup kamu nantinya.

Ada beberapa pekerjaan yang memang menuntut pendidikan yang lebih tinggi agar bisa terus menanjak. Namun ada pula pekerjaan yang lebih membutuhkan pengalaman dari pada sekedar gelar dalam ijazah. 

Jadi kamu perlu berpikir ulang seberapa penting kuliah lagi untuk hidup kamu ke depannya, apalagi ketika karier yang sedang kamu bangun mulai menunjukkan titik terang. Jangan sampai tujuan kamu kuliah nantinya hanya karena gengsi yang tidak bermanfaat di kemudian hari.

Finansial

Faktor finansial penting untuk diperhatikan, bahkan jika kamu berkuliah dengan beasiswa. Jika kamu berencana untuk melanjutkan kuliah secara fulltime, itu artinya kamu akan kehilangan waktu untuk mendapat penghasilan yang setara dengan yang kamu dapatkan jika bekerja penuh waktu.

Ditambah lagi jika kamu memiliki orang yang keuangannya kamu tanggung, seperti orang tua, adik, atau anak bagi yang telah berkeluarga. Jika kamu memilih untuk melanjutkan kuliah, kamu perlu memperhitungkan dan berdiskusi dengan orang terdekat mengenai kondisi finansial selama kamu kuliah nanti.

Rencana hidup lainnya

Kehidupan bukan hanya soal karier. Kamu pasti memiliki rencana-rencana kehidupan lainnya seperti membahagian orang tua, berpetualang ke berbagai tempat, maupun menikah. Kamu harus memikirkan apakah pilihanmu untuk kuliah lagi saat ini adalah keputusan yang bijaksana atau tidak jika melihat pada rencana hidup jangka panjang.

Yang harus diingat adalah, kuliah lagi bukan satu-satunya jalan untuk menambah pengetahuan. Fokus bekerja dan menambah pengalaman juga merupakan bekal yang tidak ternilai. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.