6 hal yang bisa dilakukan sambil menunggu pekerjaan baru

Yetta Tondang
6 hal yang bisa dilakukan sambil menunggu pekerjaan baru
Baru saja mengundurkan diri dari kantor lama dan sedang menanti pekerjaan baru? Lakukan beberapa hal di bawah ini untuk memperkaya potensimu!

JAKARTA, Indonesia – Tak sedikit karyawan yang memanfaatkan momen jelang liburan Hari Raya Idul Fitri untuk memutuskan berhenti dari pekerjaan lama dan mencari atau pindah ke pekerjaan atau karier baru.

Biasanya, banyak yang memilih rehat sejenak atau menikmati hidup sebelum akhirnya serius mencari pekerjaan. Ada pula yang memang sudah mengundurkan diri dengan jaminan pekerjaan baru namun masih memiliki jeda waktu sebelum memulai bekerja di tempat baru.

Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan dalam masa-masa jeda antara satu pekerjaan dengan pekerjaan lain? Cermati beberapa cara yang bisa diterapkan di bawah ini.

Perbarui profil

Untuk yang masih berusaha mencari pekerjaan, hal yang pertama dilakukan di masa jeda ini adalah menyusun dan merancang resume baru yang lebih segar. Jika sebelumnya resume Anda sudah ‘kedaluwarsa’ dan tidak pernah diperbarui, ini adalah saat yang tepat untuk membuat versi terbaru dari resume Anda.

Banyak juga layanan template digital tanpa biaya di dunia maya yang bisa Anda gunakan untuk semakin mempercantik resume.

Jika Anda sudah memastikan posisi dan kantor baru, ada baiknya memperbarui laman media sosial Anda, termasuk LinkedIn, misalnya. Setidaknya dengan perbaruan ini, pengikut dan kolega Anda bisa mengetahui pergerakan karier Anda.

Kerja sukarela

Daripada menghabiskan waktu tanpa kegiatan yang pasti dan bermanfaat, ada baiknya Anda mulai mencari tahu informasi soal kerja sukarela. Banyak lembaga sosial atau yayasan nirlaba yang biasanya membutuhkan bantuan banyak sukarela. Anda tinggal menyesuaikan dengan bidang atau topik yang Anda pahami dan kuasai.

Belajar skill baru

Jika sebelumnya Anda tidak punya banyak waktu untuk memperbarui skill, maka ini adalah saat yang tepat untuk melakukannya. Mumpung Anda memiliki banyak waktu dan kesempatan dan tidak terikat jadwal. Mulailah mencari kelas yang cocok dengan Anda. Bisa kursus bahasa asing, memasak, public speaking atau apapun yang menarik minat Anda.

Jangan ketinggalan informasi

Bukan berarti karena Anda tengah menikmati masa jeda yang ibarat bulan madu, lantas Anda menutup diri dari perkembangan di luar, termasuk industri yang menjadi fokus dan konsentrasi Anda. Terus perbarui pengetahuan Anda seiring waktu dan jangan mau ketinggalan berita. Berusahalah untuk selalu mengikuti tren yang berkembang.

Menjaga networking

Salah satu cara untuk tetap mengikuti perkembangan bidang pekerjaan Anda, seperti yang dijelaskan di poin di atas adalah dengan tetap menjaga jejaring atau network Anda. Luangkan waktu untuk rutin berdiskusi dan bertemu dan menyapa orang-orang yang berada di jaringan Anda. Percayalah, jaringan pertemanan dan networking di dunia profesional sangat menentukan kesuksesan Anda di manapun Anda bekerja.

Jadi jangan lengah dan kemudian tidak memperhatikan jejaring Anda saat tengah berada di masa jeda. Ini juga penting untuk memperoleh referensi bagi Anda yang masih berusaha mencari pekerjaan baru.

Tentukan gol

Persiapkan diri Anda untuk segala kesempatan. Anda sendiri yang bisa menjadi faktor penentu keberhasilan. Jangan bergantung pada orang lain. Karena itu, di masa jeda ini, rancang karier Anda. Kira-kira apa yang Anda inginkan dalam karier di periode lima tahun ke depan, misalnya.

Dengan gol dan tujuan yang jelas, Anda tahu benar seperti apa jalan dan proses yang ditempuh untuk mewujudkannya. Waktu ini adalah waktu yang tepat untuk merenung, mengidentifikasi apa yang sudah terjadi, introspeksi dan kemudian merancang rencana terbaik untuk karier Anda di masa depan. -Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.