Imam Besar New York asal Indonesia dirikan pesantren di Amerika Serikat

Rappler.com
Imam Besar New York asal Indonesia dirikan pesantren di Amerika Serikat
Namun pembangunan pesantren masih terhambat dana

JAKARTA, Indonesia — Imam Besar Pusat Kebudayaan Islam di New York, Shamsi Ali, berencana mendirikan pesantren pertama di Amerika Serikat. Saat ini ulama asal Bulukumba, Selawesi Selatan, itu sedang menggalang dana.

Penggalangan dana dilakukan melalui  situs kitabisa.com. Melalui situs tersebut Shamsi Ali mengajak umat Islam di Indonesia untuk turut memberikan dukungan. 

Saat ini tercatat telah terkumpul dana umat senilai Rp 761.044.411 dari 530 donatur di laman Kitabisa.com/pesantrenamerika. Rencananya, pendirian pesantren bernama “Pondok Nusantara Madani USA” itu menempati lahan seluas 7,4 hektare di negara bagian Connecticut. 

Dalam keterangan tertulisnya pada Senin 13 November 2017, Shamsi Ali menuturkan pentingnya dukungan untuk mendirikan pusat pendidikan islam di Amerika.

“Jika bicara pendidikan Islam di USA, masih belum ditemui pusat Pendidikan Islam yang dikelola oleh Muslim Indonesia, padahal terbukti bahwa muslim Indonesia memiliki warna dakwah yang khas dan unik dari yang disampaikan komunitas muslim asal Pakistan ataupun dari Timur Tengah,” kata Ali.

Imam Shamsi berharap kian banyak umat yang turut membantu karena waktu yang diberikan oleh pemilik lahan untuk mendirikan pesantren cukup mepet. “Kami diberi tenggat waktu untuk melunasi pembelian pada akhir November 2017. Jika tidak lahan ini bisa diambil pihak lain,” kata Ali.

Adapun biaya yang dibutuhkan untuk pengembangan lahan itu mencapai 1 juta dolar AS atau setara Rp13 miliar. Jumlah itu meliputi 750.000 dolar AS untuk pembelian lahan dan 250.000 dolar AS untuk pembersihan dan pengembangan lahan.  —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.