INFOGRAFIS: Perusahaan Indonesia yang paling diminati mahasiwa tahun 2017

Rappler.com
Pertamina jadi salah satu instansi favorit para calon pencari kerja

JAKARTA, Indonesia —Bahkan sebelum mereka menuntaskan pendidikan di perguruan tinggi, para mahasiwa Indonesia sudah memiliki gambaran akan karier idaman meeka di banyak perusahaan dan beragam industri.

Menyikapi fenomena tersebut, Universum Global baru saja merilis hasil riset yang mereka gagas bertajuk 2107 Talent Survey in Indonesia. Riset ini dilakukan dalam periode Oktober 2016 hingga Februari 2017 kepada lebih dari 20 ribu narasumber mahasiswa dari berbagai latar belakang studi.

Hasilnya, terlihat jelas perusahaan-perusahaan atau instansi pemerintahan yang jadi favorit mereka untuk memulai kariernya kelak. Riset ini dibagi sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka yakni Teknik, Ilmu Sosial, Bisnis dan Ilmu Alam.

Untuk jurusan Teknik, peringkat teratas ditempati oleh Pertamina. Sementara untuk Bisnis, Bank Indonesia yang jadi favorit. Untuk Ilmu Sosial pilihan jatuh pada Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. dan untuk Ilmu Alam juga dipuncaki oleh Pertamina.

Riset ini juga mengungkap industri mana yang jadi favorit calon pencari kerja dari kalangan mahasiswa. Di luar dugaan, sektor publik dan instansi pemerintah yang jadi idola. Artinya, tren keengganan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil tampaknya mulai bergeser di kalangan anak muda.

Sementara itu, lewat riset serupa juga diungkapkan apa yang menjadi aspirasi para mahasiswa calon pencari kerja di dunia profesional kelak. Di puncak, terdapat keinginan untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Disusul dengan mimpi untuk menjadi tetap kreatif dan inovatif.

Simak data selengkapnya di bawah ini.

—Rappler.com