Megawati – Xi Jinping ingin tingkatkan kerja sama maritim

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Megawati – Xi Jinping ingin tingkatkan kerja sama maritim

AFP

"Tiongkok memiliki proyek Jalur Sutra Maritim Abad 21, dan kita memiliki proyek Poros Maritim, ini peluang sangat bagus bagi Indonesia untuk bisa mengembangkan diri, tentu dengan tetap melihat peluang yang sesuai dengan kebutuhan kita"

 

BEIJING, Indonesia — Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri dan Presiden Tiongkok Xi Jinping sepakat untuk terus memantapkan hubungan dan kerja sama Indonesia dan Tiongkok yang telah berjalan baik, dalam kerangka mitra strategis komprehensif. 

“Kami bicara bagaimana agar kemitraan strategis komprehensif yang telah disepakati kedua negara dapat lebih dimantapkan dan dijabarkan lebih nyata lagi, sehingga menguntungkan bagi kedua pihak,” kata Megawati seusai bertemu Xi Jinping. 

Menurutnya, kerja sama bisa ditingkatkan mengingat kedua negara memiliki kesamaan dalam sektor maritim. 

“Tiongkok memiliki proyek Jalur Sutra Maritim Abad 21, dan kita memiliki proyek Poros Maritim, ini peluang sangat bagus bagi Indonesia untuk bisa mengembangkan diri, tentu dengan tetap melihat peluang yang sesuai dengan kebutuhan kita,” kata Megawati.

“Kami ingin agar kerja sama tersebut juga turut memajukan wilayah Timur Indonesia, karena fokus pembangunan kita kan ke Timur, tanpa mengabaikan wilayah barat Indonesia yang telah berkembang maju,” ujarnya menambahkan.

Tentang kecenderungan Indonesia terus menjadi pasar bagi produk asing, termasuk produk Tiongkok, jika Jalur Sutra Maritim Abad 21 Tiongkok dan Poros Maritim Indonesia, terhubung, ia mengatakan,”Itu semua tergantung kita. Karenanya dalam Pemerintahan Presiden Jokowi saat ini kita tekankan ‘Trisakti’ yakni berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian secara sosial budaya.”

“KIta harus dapat memilih, memilah, mana yang dapat kita kembangkan dan produksi sendiri, mana yang kita masih harus impor. Jadi berdikari, bukan berarti kita menutup diri dan antiasing. Kita yang harus mampu memilih dan memilah,” kata Megawati.

Presiden Xi Jinping yang menyapa Megawati sebagai teman lama, menyampaikan gambaran umum tentang “Jalur Sutra Maritim Abad 21” dan berharap proyek tersebut dapat bermanfaat pula bagi Indonesia, bagi kemajuan bersama Indonesia dan Tiongkok di masa datang.

Megawati melakukan kunjungan ke Tiongkok antara 12-15 Oktober antara lain untuk meresmikan pembangunan Pusat Kerja Sama Indonesia-Tiongkok “Rumah Soekarno” di Shenzhen. Dia juga menjadi pembicara pada salah satu panel bertajuk “Political Leadership: New Concensus for Politic Party”, pada forum International Conference of Asian Political Parties (ICAPP) di Beijing. — Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!