Indonesia

LIVE BLOG: Konferensi penanggulangan tindak terorisme dunia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

LIVE BLOG: Konferensi penanggulangan tindak terorisme dunia
Simak jalannya konferensi dan keputusan yang dihasilkan untuk mengatasi tindak terorisme di seluruh dunia

BALI, Indonesia – Puluhan negara berkumpul di Nusa Dua, Bali untuk mencari solusi terhadap penanggulangan tindak terorisme. Berdasarkan data Indeks Terorisme Global (GTI) tahun 2014, terdapat 32.658 orang yang tewas akibat tindak kejahatan itu di seluruh dunia. Artinya, tidak ada satu pun negara yang kini kebal terhadap terorisme.

Terdapat dua pertemuan yang dilakukan secara beruntun untuk membahas isu tersebut yakni Counter Terrorism Financing (CTF) ke-2 dan International Meeting on Counter Terrorism (IMCT) ke-4 yang dimulai pada tanggal 8-10 Agustus di Sofitel.

Acara CTF diselenggarakan oleh Pusat Pelaporan Analisa dan Transaksi Keuangan (PPATK) bekerja sama dengan PPATK Australia (AUSTRAC). Ini menjadi penyelenggaraan kali kedua, setelah tahun 2015, Australia menjadi tuan rumah.

Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) kemudian menggunakan momen tersebut dengan menggandeng Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan menggelar International Meeting on Counter Terrorism (IMCT).

Bagi Indonesia kedua konferensi ini sangat penting karena dapat memperkuat kerjasama jaringan internasional untuk mengatasi ancaman pergerakan teroris di wilayah perbatasan. Masing-masing konferensi akan menghasilkan pernyataan bersama yakni Nusa Dua Statement untuk CTF dan Denpasar Statement bagi IMCT.

Acara ini rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan dihadiri pejabat tinggi negara asing. Menteri Kehakiman Australia, Michael Keenan dipastikan turut menghadiri konferensi tersebut.

Bagaimana acara ini berjalan dan apa keputusan yang akan dihasilkan? Simak kegiatannya melalui live blog berikut:


– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!