Indonesia

Gulirkan kebijakan sekolah sehari penuh, Mendikbud dipanggil Jokowi

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Gulirkan kebijakan sekolah sehari penuh, Mendikbud dipanggil Jokowi
Kebijakan sekolah sehari penuh mendapat sorotan dari banyak pihak

JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo memanggil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi untuk meminta penjelasan tentang wacana pemberlakukan sekolah seharian penuh bagi siswa. 

“Ya harus dong (memberikan penjelasan), kan saya pembantu (presiden),” kata Muhadjir Effendi di Kompleks Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu 14 Juni 2017.

Kebijakan sekolah seharian penuh digulirkan  belum lama lalu. Dalam kebijakan yang akan diterapkan mulai tahun ajaran baru ini, siswa akan belajar 8 jam sehari selama 5 hari dalam sepekan. 

Setelah bertemu Presiden, Muhadjir mengatakan akan ada perubahan tentang kebijakan sekolah sehari penuh tersebut. Namun belum ada petunjuk teknis tentang kebijakan tersebut.

Muhadjir juga mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Menteri Agama sebelum kebijakan tersebut benar-benar direalisasikan. “Untuk mengatur petunjuk teknisnya,” kata Muhadjir.

Kebijakan 5 hari sekolah dengan 8 jam per hari diprotes banyak pihak, salah satunya oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). MUI menilai kebijakan ini bisa membuat madrasah gulung tikar.

Sebab, jika para siswa menghabiskan waktu 8 jam di sekolah, lantas mereka tidak akan punya waktu lagi untuk belajar di madrasah. Padahal, biasanya banyak siswa melanjutkan ke madrasah setelah pulang sekolah. 

Menteri Agama Lukman Saifuddin mengatakan dirinya bertemu dengan Muhadjir untuk meminta penjelasan yang lebih komprehensif tentang rencana kebijakan sekolah seharian penuh itu. 

“Agar tidak disalahpahami masyarakat, khususnya kalangan pondok pesantren, madrasah, diniyah yang menganggap kebijakan ini akan merugikan mereka,” kata Saifuddin. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!