Diincar Xpander dan Wuling, Toyota optimistis Avanza tetap laris

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Diincar Xpander dan Wuling, Toyota optimistis Avanza tetap laris
Penjualan Xpander dan Wuling di GIIAS 2017 cukup menjanjikan

JAKARTA, Indonesia — Meski mobil-mobil MPV baru terus bermunculan, namun animo masyarakat terhadap Avanza tetap tinggi.

Mobil MPV keluaran Toyota tersebut sukses terjual hingga 2.191 unit selama Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2017 yang digelar pada 10-20 Agustus lalu.

“Para pelanggan tetap antusias terhadap sang legenda kendaraan keluarga Indonesia yang sudah berusia 14 tahun,” kata Executive GM PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, Rabu 23 Agustus 2017.

Fransiscus mengatakan penjualan Avanza dalam GIIAS tahun ini lebih tinggi dari GIIAS tahun lalu yang hanya terjual sebanyak 2.123 unit. “Ini membuktikan minat pelanggan terhadap mobil-mobil Toyota, terutama MPV, tetap tinggi,” kata Fransiscus.

Toyota Avanza, juga Daihatsu Xenia, saat ini memang menghadapi lawan-lawan baru di kelas LMPV. Mereka antara lain Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S. Kedua mobil anyar ini bahkan disebut-sebut sebagai Avanza-Xenia killer.

Ungkapan tersebut tak berlebihan. Sebab PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berhasil menjual Xpander hingga 5.281 unit selama GIIAS 2017.

Mobil dengan rentang harga Rp 189 juta hingga Rp 245 jutaan ini juga selalu menjadi perhatian pengunjung GIIAS 2017. Desainnya yang kece dan fiturnya yang lumayan berlimpah adalah alasan kenapa Xpander disebut-sebut sebagai pesaing kuat Avanza-Xenia.

(Baca: GIIAS 2017: 21 ribu kendaraan ludes terjual)

Sementara Wuling Confero S juga tak kalah prospektif. Wuling Motors sebagai pemegang merek Confero S sukses mencatatkan penjualan Confero S sebanyak 624 unit selama GIIAS 2017.

Angka penjualan tersebut terhitung lumayan mengingat Wuling adalah pemain yang benar-benar baru di pasar mobil Indonesia. Apalagi brand otomotif Tiongkok selama ini masih kalah kinclong dengan pabrikan Jepang.

“Angka ini menunjukkan antusiasme masyarakat terhadap seri Confero. Kabin luas dan fitur yang ditawarkan Confero S merupakan daya tarik utama dari produk pertama Wuling,” demikian Wuling Motors dalam keterangan tertulis, Rabu 23 Agustus 2017.

(Baca: Confero S terjual 624 unit di GIIAS 2017, Wuling Motors optimistis)

Hal lain yang membuat Wuling digadang-gadang sebagai pesaing kuat Avanza-Xenia adalah harganya yang benar-benar menggiurkan, yakni mulai dari Rp 128 juta untuk tipe terendah hingga Rp 165 juta untuk tipe tertinggi. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!