Indonesia

Kalahkan Kamboja, Tim Basket Putra tembus angka 100

Adrianus Saerong

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kalahkan Kamboja, Tim Basket Putra tembus angka 100
Lawan tim basket putra Indonesia berikutnya adalah Laos

 

JAKARTA, Indonesia — Tim basket putra Indonesia kembali meraih kemenangan di SEA Games 2017 setelah mengalahkan Kamboja dengan skor 112-70 pada Rabu, 23 Agustus 2017. 

Kemenangan tersebut adalah hasil pertama Mario Wuysang dan kawan-kawan menembus angka 100 di SEA Games kali ini. Sebelumnya Indonesia menang 89-73 melawan Vietnam, dan 70-54 dari Singapura.

Kemenangan atas Kamboja mengangkat posisi Indonesia jadi pemuncak klasemen sementara Grup B, dan tinggal berhadapan dengan Laos yang ada di dasar klasemen sebelum melaju ke semi-final. 

Pada pertandingan kali ini, pelatih tim nasional putra Indonesia Wahyu Widayat mengandalkan Vincent Rivaldi Kosasih dan Kevin Kosasih untuk menguasai area bawah ring.

Sementara pemain terpopuler Indonesia Basketball League (IBL) 2017 Andakara Prastawa Dhyaksa mengatur alur serangan dari luar sembari mencoba peruntungan tiga angka.

Hasilnya, ketiga pemain tersebut sukses menyumbangkan 51.7% poin Indonesia selama pertandingan dengan Vincent Kosasih menjadi pencetak angka terbanyak (25). Keberhasilan Indonesia tidak lepas dari dominasi anak-anak asuh Wahyu Widayat mengamankan bola rebound.

Sebelumnya selepas laga melawan Singapura, Wahyu menyoroti anak-anak asuhnya yang kalah dalam perebutan bola rebound. “Awalnya anak-anak kalah rebound. Saat jeda kami minta mereka untuk main lebih agresif dan berhasil,” Kata Wahyu. 

Kini melawan Kamboja, Indonesia berhasil memenangkan 64 rebound atau 27 kali lebih banyak dibandingkan raihan lawan sepanjang pertandingan. Indonesia yang sudah unggul 51-34 di akhir babak pertama, diminta untuk terus fokus dalam mencetak poin oleh Sang Pelatih. 

Lo jangan asal, temen-temen lo udah capek ngasih bola,” kata Wahyu ketika jeda pertandingan. Indonesia yang sempat menurun di quarter ketiga dengan melakukan enam turnover atau kesalahan, akhirnya berhasil mengunci kemenangan mereka di babak terakhir. 

Rotasi pemain yang dilakukan Wahyu juga berjalan dengan baik. Para pemain cadangan berhasil mencatatkan 77 angka melawan Kamboja atau 14 bola lebih banyak dibanding raihan mereka sebelumnya menghadapi Singapura.

Pertandingan tim basket putra berikutnya akan berlangsung 24 Agustus 2017, melawan Laos. Dengan Malaysia, Filipina atau Thailand berpeluang menjadi lawan Indonesia di semi-final, keesokan harinya. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!