Berita hari ini: Senin, 16 Januari 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Senin, 16 Januari 2017.

Kapolda Metro Jaya: Emang Rizieq siapa mau copot saya?

COPOT. Kapolda Metro Jaya, M. Iriawan mengatakan pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab tidak memiliki kewenangan untuk mendesak Kapolri agar mencopot dirinya. Foto oleh Fakhri Hermansyah/ANTARA

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal M. Iriawan menanggapi santai tuntutan pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, yang memintanya untuk dicopot. Rizieq menganggap Iriawan telah melakukan tindak kriminalisasi, provokatif dan menyalahgunakan jabatan.

“Siapa yang mau mencopot? Emang siapa dia (Rizieq) mau copot saya? Enak saja,” ujar Iriawan di Mabes TNI, Cilangkap.

Selain Iriawan, Rizieq menuntut Kapolri Tito Karnavian untuk mencopot Kapolda Jawa Barat, Inspektur Jenderal Anton Charliyan dan Kapolda Kalimantan Barat, Brigjen Musyafak. Menurutnya, Anton telah membiarkan insiden penyerangan dan penganiayaan terhadap anggota FPI di Bandung yang diduga dilakukan oleh ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI).

Agar tuntutannya didengar, Rizieq mengerahkan massa sekitar 1.500 orang untuk berdemonstrasi di depan Mabes Polri.

Iriawan menegaskan, tidak ada satu pun ormas di Indonesia yang kebal hukum, termasuk FPI. Jika ormas itu bermasalah, katanya, maka polisi akan menindak.

“Tidak ada (yang) kebal hukum. Nanti, kami lihat perkembangannya kalau ada pelanggaran hukum. Enggak ada ragu-ragu,” tuturnya. Selengkapnya baca di sini.

Tokoh lintas agama di Bali laporkan jubir FPI Munarman ke Polisi  

Sejumlah tokoh Hindu dan Islam Bali saat melaporkan jubir Front Pembela Islam (FPI) Munarman ke Polda Bali, pada 16 Januari 2017. Foto oleh Nyoman Budhiana/Antara

Sejumlah tokoh lintas agama di Bali melaporkan Sekretaris Jenderal Front Pembela Islam (FPI) Munarman ke Polda Bali, pada Senin, 16 Januari. 

Laporan itu dipicu ucapan Munarman, yang juga merupakan juru bicara FPI, dalam sebuah video di YouTube tertanggal 16 Juni 2016 lalu.

Di dalam video yang berjudul Heboh FPI Sidak Kompas itu, Munarman terlihat membuat tuduhan sepihak bahwa pecalang (petugas keamanan adat di Bali) melempari rumah penduduk dan melarang umat Islam melaksanakan ibadah salat Jumat. Selengkapnya di sini.

Diblokir, FPI buat akun Twitter baru 

Massa FPI saat berunjuk rasa di depan Mabes Polri, Senin (16/1). Foto oleh Diego Batara/Rappler

Akun milik Front Pembela Islam (FPI), @DPP_FPI dan @HumasFPI, diblokir (suspend) oleh Twitter. Beberapa saat kemudian, akun milik pimpinan FPI, Rizieq Syihab, @syihabrizieq, juga diblok.

Namun, saat ini FPI telah membuka baru dengan nama @DPP__FPI.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengonfirmasi bahwa mereka tidak terlibat dalam pemblokiran akun-akun Twitter milik FPI dan juga Rizieq Syihab. Selengkapnya di sini

Tuntut Kapolda Jabar dicopot, FPI geruduk Mabes Polri

Pemimpin FPI Rizieq Shihab saat berorasi di depan Mabes Polri, Senin (16/1). Foto oleh Diego Batara/Rappler

Ribuan orang massa Front Pembela Islam (FPI) menggeruduk Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 16 Januari 2017. Mereka menuntut Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mencopot Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan.

Massa FPI berkumpul di Masjid Al-Azhar pada Senin pagi sebelum bergerak ke depan Mabes Polri. Pimpinan FPI Rizieq Shihab tiba di masjid dengan menggunakan Pajero Putih sekitar pukul 08.30 WIB. Baca berita selengkapnya di sini

 

Pesawat latih terbakar di Banyuwangi, siswi penerbangan selamat

Refleksi mobil dilihat dari stiker simbol pesawat terbang di Jakarta, Rabu (4/1). Foto oleh Rosa Panggabean/ANTARA

Pesawat latih milik Mandiri Utama Flight Academy (MUFA) mengalami pendaratan darurat di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, sekitar pukul 10.48 wib.

Akibat insiden ini, pesawat latih tersebut terbakar. Namun seorang siswi penerbangan yang mengendarai pesawat tersebut selamat.

Siswi penerbang tersebut bernama Regina Marthalia. Ia diketahui terbang sendiri tanpa ditemani instruktur. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!