Berita hari ini: Selasa, 30 Mei 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Selasa, 30 Mei 2017

ANTARA FOTO

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui.

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Senin, 29 Mei 2017.

Rapat paripurna DPR dipimpin Fahri Hamzah, Fraksi PKS pilih walk out</headline>

DIPECAT. Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fahri Hamzah memberikan keterangan kepada wartawan terkait pemecatan dirinya dari keanggotaan PKS di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 4 April 2016. Foto oleh Rivan Awal Lingga/ANTARA

Seluruh anggota Fraksi Partai Kesejahteraan Sosial (PKS) memilih untuk walk out saat Sidang Paripurna DPR digelar pada siang tadi. Mereka keberatan karena rapat tersebut dipimpin oleh Fahri Hamzah yang dinilai bermasalah dengan PKS.

Partai tersebut telah memecat Fahri sebagai kadernya. Kendati, pengadilan mementahkan keputusan PKS.

“Fahri bermasalah dengan PKS sebagaimana proses hukum yang berjalan selama ini. Karena itu, kami keberatan Fahri Hamzah duduk sebagai pimpinan DPR mengatasnamakan Fraksi PKS,” ujar salah satu anggota PKS yang ikut hadir di dalam rapat, Sigit Sosiantomo.

Dia berharap pimpinan DPR memilih pimpinan yang lain selain Fahri untuk memimpin rapat paripurna. Sebab, posisi Fahri saat ini bermasalah dengan internal di PKS.

Sigit bahkan menegaskan dirinya akan selalu walk out dalam setiap rapat paripurna di DPR yang dipimpin oleh Fahri Hamzah. Sebab, apa yang diputuskan dalam paripurna menjadi tiak sah ketika dipimpin oleh Fahri.

“Apa yang diputuskan di sini menjadi tidak sah, kalau tidak ada tindak lanjut, saya siap keluar ruangan walk out agar jadi perhatian pimpinan,” kata dia. Selengkapnya baca di sini.

Sidang Siti Aisyah dilanjutkan ke Mahkamah Tinggi 

Foto kakak tiri Kim Jong-Un, Kim Jong-Nam yang diambil pada tanggal 11 Februari 2007. Kim Jong-Nam dibunuh di Bandara Kuala Lumpur Internasional (KLIA) 2 ketika akan masuk ke pesawat menuju ke Makau pada Senin, 13 Februari. Foto oleh Jiji Press/AFP/File

Sidang kasus pembunuhan warga Korea Utara Kim Jong Nam dengan terdakwa warga negara Indonesia (WNI) Siti Aisyah dan seorang warga Vietnam Doan Thi Huong akan dilanjutkan di Mahkamah Tinggi Shah Alam, Selangor, Malaysia.

“Sidang akan dilanjutkan di Mahkamah Tinggi Shah Alam dengan waktu yang belum ditentukan,” ujar Hakim Harith Sham Mohammad Yasin sebelum menutup sidang di Mahkamah Sesyen Sepang, Selangor, Malaysia, Selasa 30 Mei.

Majelis Hakim memutuskan untuk menunda melanjutkan kasus ke Mahkamah Tinggi karena berkas-berkas dari Jaksa Penuntut Umum dinilai belum siap. Sidang yang berlangsung di lantai dua Mahkamah Syesyen 1 ini berlangsung pada pukul 09:30 waktu setempat dan berakhir pada pukul 10:45 waktu setempat. 

Siti Aisyah memasuki ruang sidang dengan mengenakan baju warna merah, sedangkan Doan Thi Huong mengenakan baju warna biru. Baca berita selengkapnya di sini.

Pesawat tergelincir di Papua, roda dan sayap belakang patah

ILUSTRASI. Petugas mengangkut logistik dari dalam pesawat di Bandara Wamena, Papua, Kamis (11/5). FOTO oleh Indrianto Eko Suwarso/ANTARA

Pesawat jenis MAF tergelincir di Bandara Aminggaru Ilaga, Puncak, pada Selasa pagi sekitar pukul 08.30 WIT. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Pesawat yang mengangkut empat penumpang tersebut bertolak dari Nabire. Diduga karena pendaratan yang kurang sempurna, roda dan sayap kiri belakang pesawat pun patah. 

“Pesawat mendarat di ujung bandara (pembatas aspal). Empat penumpang dan satu pilot selamat,” kata Kapolsek Ilaga Iptu Sayori melalui keterangan tertulis.

Hingga kini proses evakuasi masih berlangsung sehingga Bandara Aminggaru Ilaga untuk sementara ditutup. Baca berita selengkapnya di sini.

Legenda golf Tiger Woods ditangkap di Florida

Tiger Woods. Foto diambil dari @TigerWoods/Twitter

Legenda golf dunia Tiger Woods ditangkap setelah kedapatan mengemudi dalam keadaan mabuk di kawasan Florida, Senin dinihari waktu setempat.

Woods, 41 tahun, sempat dibawa ke penjara pada pukul 03.00 dinihari dan baru dibebaskan pada pukul 10.50 waktu setempat.

Belum jelas apakah Woods ditangkap karena mabuk minuman keras atau narkoba. Woods saat ini tengah menjalani terapi punggung akibat cedera yang dialaminya.  Baca berita selengkapnya di sini

Sebut bom Kampung Melayu rekayasa, ARP meminta maaf

Sejumlah personil Inafis dan Labfor Polri melakukan olah tempat kejadian perkara di lokasi ledakan yang diduga bom di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Kamis (25/5). Foto oleh Sigid Kurniawan/ANTARA

Seorang warga Padang Panjang berinisial ARP (37 tahun) diciduk polisi setelah mengunggah status di Facebook yang menyebutkan bahwa bom yang meledak di Terminal Kampung Melayu adalah rekayasa.

ARP ditangkap di rumahnya di Padang Panjang pada Minggu sore, 28 Mei 2017. Ia menjalani pemeriksaan sejak Senin siang hingga malam kemarin.

Kuasa hukum ARP, M Ihsan, mengatakan kliennya menyesal telah mengunggah status tersebut dan telah menyatakan permintaan maafnya kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

“Terlihat penyesalan dan kesedihan di raut muka ARP sehingga dia menuliskan surat permintaan maaf pada Bapak Kapolri,” kata M Ihsan. Baca berita selengkapnya di sini

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!