Latin America

Dua jurnalis AS ditembak dalam siaran langsung

Agence France-Presse

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dua jurnalis AS ditembak dalam siaran langsung

AFP

Pelaku adalah mantan reporter di stasiun televisi yang sama


WASHINGTON DC, Amerika Serikat – Dua wartawan televisi lokal di Virginia, Amerika Serikat ditembak mati saat sedang mengudara dalam sebuah siaran langsung, 26 Agustus 2015. Penembakan itu disaksikan secara langsung oleh penonton yang sedang menyaksikan acara TV WBDC tersebut.

Dua jurnalis WDBJ itu adalah Alison Parker, 24, dan kamerawan Adam Ward, 27. Mereka ditembak dalam jarak dekat saat sedang mewawancarai narasumbernya.

“Kami tidak tahu motifnya. Kami tidak tahu siapa tersangka maupun siapa pembunuhnya,” kata General Manager WBDC Jaffrey Marks saat mengkonfirmasi kematian kedua korban kepada penonton televisi. 

Meski demikian, The Washington Post melaporkan bahwa tersangka adalah mantan pegawai WDBJ yang kecewa. Beberapa waktu kemudian, polisi Virginia mengidentifikasi tersangka sebagai Vester Flanagan (alias Bryce Williams), yang pernah bekerja sebagai reporter di stasiun televisi yang sama. Flanagan dipecat dua tahun yang lalu. 

Saat kejadian, kedua korban, Alison dan Adam tengah mewawancarai seorang perempuan mengenai perkembangan turisme. Saat itulah terdengar suara beberapa tembakan. Alison menjerit dan berlari. Kamera Adam sempat merekam gambar si penembak saat kamera itu terjatuh.

Penembak nampak sangat dekat dengan mereka, dengan pakaian berwarna gelap. Gambar lalu terputus, beralih ke studio dengan pembawa berita yang nampak sangat terkejut. Videonya dapat disaksikan di bawah ini:

Narasumber yang sedang diwawancara juga ikut terluka akibat kejadian yang terjadi di balkon sebuah resort di Kota Moneta, Virginia. Punggungnya tertembak, namun dia selamat. Menurut CNN, pihak berwenang telah mengantongi nama dan pelat nomor kendaraan tersangka, tapi belum memberikan penjelasan kepada publik.


Tragisnya, penembakan ini terjadi hanya seminggu setelah ulang tahun Alison. Kekasihnya, Christ Hurst juga bekerja di stasiun televisi yang sama. Dia menyatakan kesedihannya melalui tweet.

Tunangan Adam juga bekerja di stasiun televisi tersebut. Gubernur Virginia Terry McAuliffe menyatakan bahwa polisi Virginia sedang bekerja sama dengan otoritas lokal untuk segera menangkap si pembunuh. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!