Manny Pacquiao: Sebentar lagi saya pensiun

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Manny Pacquiao: Sebentar lagi saya pensiun
Pacquiao ingin berfokus pada karier politiknya dan ingin menjadi senator

MANILA, Filipina—Petinju asal Filipina Manny Pacquiao mengumumkan rencananya untuk pensiun tahun depan, pada Rabu, 7 Oktober. Dia mengatakan akan berfokus pada karier politiknya, berharap akan menjadi senator.

Petinju yang memenangkan delapan gelar dunia dalam delapan pertandingan kelas berat yang berbeda dan beberapa kali disebut-sebut sebagai presiden masa depan Filipina ini berkata bahwa ia ingin mengikuti nasihat karier dari Tuhan.

“Sepertinya saya sudah siap (untuk pensiun). Saya telah bertinju selama lebih dari 20 tahun,” kata Pacquiao, 36 tahun, dalam wawancara dengan ABS-CBN.

“Saya berdoa pada Tuhan, dan saya senang dengan (keputusan) ini.”

Pacquiao telah menjadi petinju profesional sejak usia 16 tahun. Ia telah memenangkan 57 pertandingan, termasuk 38 K.O., kalah dalam enam pertandingan termasuk tiga K.O. dan dua pertandingan lainnya berakhir seri.

Beberapa bulan lalu, Pacquiao kalah dalam pertandingan melawan petinju asal Amerika Serikat Floyd Mayweather. Ketika itu, dia bertanding dalam keadaan bahu kanan cedera. 

Pacquiao merupakan anggota kongres sejak 2010. Ia telah mengumumkan niatnya duduk di kursi senator melalui pemilihan umum yang akan dilaksanakan Mei 2016.

“Saya harus mengorbankan bagian lain yang menyita perhatian saya. Jika kamu seorang senator, kamu hanya boleh fokus kepada pekerjaanmu dan keluargamu,” katanya dalam sebuah wawancara.

Sebelum pemilihan umum, Pacquiao memiliki rencana untuk bertarung dalam laga terakhirnya sebagai petinju, pekerjaan yang telah menjadikannya sebagai salah satu olahragawan terkaya.

Pacquiao belum memilih lawan tandingnya dan tidak menutup kemungkinan dia akan bertanding ulang melawan Mayweather, meskipun petinju Amerika tersebut sudah pensiun.

Pacquiao, mantan pedagang pinggir jalan ini, telah berhasil membuat profesinya sebagai petinju membuka peluang bagi kariernya di dunia bisnis, iklan, dan politik.

Selain merupakan perwakilan kongres dari Provinsi Sarangani, Pacquiao juga merupakan seorang pemain basket profesional dan seorang pendeta.

Ia mendapatkan kritikan pedas dari publik setelah hanya bisa menghadiri empat dari 70 rapat kongres, karena kesibukannya sebagai olahragawan dan pekerjaan lainnya.

Meskipun begitu, survei pemilihan umum Filipina terkini menempatkan Pacquiao sebagai salah satu calon kuat yang akan mengisi salah satu dari 12 kursi senator. Pacquiao telah berjanji untuk serius menjalankan perannya sebagai senator, apabila ia terpilih pada Mei mendatang.

“Saya tidak akan absen karena seluruh negara akan menjadi tanggung jawab saya,” katanya. —Laporan dari AFP/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!