Indonesia

Ridwan Kamil tak maju sebagai cagub DKI Jakarta 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ridwan Kamil tak maju sebagai cagub DKI Jakarta 2017
Ridwan Kamil akan tetap menjadi Wali Kota Bandung

JAKARTA, Indonesia — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengumumkan bahwa dirinya tidak akan maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta dalam pemilihan kepala daerah 2017.

Hal itu diungkapkannya melalui live streaming Facebook pada Senin pagi, 29 Februari.

 
//

Ke Jakarta ? Tidak Ke Jakarta?

Posted by Ridwan Kamil on Sunday, February 28, 2016
“Saya akan menghabiskan masa Jabatan Walikota Bandung hingga 2018”, kata Ridwan.
 
Ia mengatakan, setelah berkonsultasi dengan berbagai macam pihak, ia memutuskan untuk tidak akan mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta. 

Ridwan mengakui bahwa ia telah melakukan pembicaraan dengan sejumlah partai politik dan tokoh-tokoh nasional mulai dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo hingga Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. 

“Setelah mendengarkan dan memutuskan karena parpol harus mendapatkan siapa calonnya pada April. Sehingga kesimpulannya maju ke Jakarta tapi tidak sekarang, alias saya tidak akan maju sebagai calon Pilkada DKI Jakarta,” kata Ridwan.

Namun, masukan dari rakyat Bandung dan Indonesialah yang membuatnya tetap bertahan di Kota Kembang itu, setidaknya hingga masa jabatannya berakhir. 

Sebelumnya, pada Minggu, 28 Februari, Ridwan melalui akun media sosialnya bertanya kepada pengikutnya, “Perlukah saya pergi ke Jakarta untuk ikut pilkada gubernur DKI 2017?”

Mayoritas responden berpendapat bahwa Ridwan tidak perlu berangkat ke Jakarta untuk mencoba menjadi pemimpin ibu kota.

Salah satu komentar di akun Facebook-nya berbunyi, “Tidak, penuhi saja dulu sumpah jabatan yang Bapak telah ucapkan untuk membangun Kota Bandung dengan segala cita-cita dan rencana yang telah Bapak susun. Pemimpin itu harus amanah terhadap jabatan yang telah diemban dan diikrarkan.”

Lantas, apa rencana ke depan bagi Ridwan?

“Tugas saya belum selesai di periode pertama ini, mungkin nanti kalau sudah selesai Insya Allah bisa ke Jakarta, mungkin ke Jabar atau melanjutkan jilid dua periode saya di Bandung,” ujarnya.

Selain itu, ia bisa kembali ke profesi awal dengan menekuni bidang arsitektur setelah habis masa jabatannya sebagai Wali Kota Bandung.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!