Hasil Kualifikasi GP China: Rosberg tercepat, Rio di depan Hamilton

Aswin Prasetyo

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Hasil Kualifikasi GP China: Rosberg tercepat, Rio di depan Hamilton
Tim Scuderia Ferrari sempat memberikan tekanan, namun gagal

 

JAKARTA, Indonesia — Sang pemimpin klasemen pembalap Formula 1 musim 2016, Nico Rosberg, menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi di Grand Prix (GP) China dengan catatan waktu 1:35.402 detik. Di belakangnya, pembalap tim Red Bull, Daniel Ricciardo, tertinggal 0.515 detik.

Pembalap tim Scuderia Ferrari, Kimi Raikkonen, melengkapi tiga posisi grid teratas dengan catatan waktu 1:35.972 detik, atau lebih lamban 0.570 detik daripada Rosberg. Padahal beberapa menit sebelumnya, Raikkonen menjadi yang tercepat. 

Sesi Q1 sempat terhenti (red flagged) di menit 14:38 dikarenakan insiden yang menimpa pembalap Manor Racing, Pascal Wehrlein. Mobilnya melintir di lintasan lurus yang basah dan menabrak pembatas, sehingga tak bisa lagi mengikuti sesi kualifikasi.

Sang juara dunia musim lalu, Lewis Hamilton, juga tersingkir di sesi Q1 dikarenakan kerusakan sistem Energy Recovery System (ERS) pada mobilnya. Masalah tersebut baru diketahui tim Mercedes ketika kualifikasi baru dimulai, dan mengakibatkan mobil W07 Hybrid-nya kehilangan daya sekitar 160 tenaga kuda.

Sedangkan sesi Q2 juga kembali terhenti dikarenakan ban kiri depan Nico Hulkenberg terlepas secara tiba-tiba. Hulkenberg sendiri berhasil masuk ke sesi Q3, namun insiden ini membuatnya tak bisa mencetak waktu lagi.

Pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto, menempati posisi grid ke-20 dengan catatan waktu terbaik 1:40.264 detik.  Meski menjadi yang terakhir di grid balap, Rio masih berada di depan Wehrlein dan Hamilton yang akan memulai balapan dari jalur pit karena tak memiliki catatan waktu kualifikasi sama sekali.

“Cukup sulit untuk membuat ban mencapai temperatur idealnya,” tutur Rio seperti yang ditulis pada akun resmi tim Manor Racing. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!