Indonesia

Berita hari ini: Kamis, 5 Mei 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Kamis, 5 Mei 2016

ANTARA FOTO

Pantau laman ini untuk perkembangan terbaru berita di Indonesia sepanjang Kamis, 5 Mei 2016

Indonesia wRap: Dari pelarangan ASEAN Literary Festival oleh kelompok intoleran hingga 3 WNI yang tewas dalam kecelakaan di Mississipi

Pembukaan ASEAN Literary Festival (ALF) 2016 hampir saja batal terlaksana karena adanya ancaman dari sebuah kelompok intoleran. Menurut Direktur ALF, Okky Madasari, ancaman tersebut sudah dilayangkan sejak beberapa hari lalu. Kemudian, 3 WNI tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Mississippi pada Minggu, 1 Mei. Bagaimana kronologi kecelakaan itu bermula? Saksikan videonya: 

 

Abaikan KPK, calon ketua Golkar diminta setor Rp 1 miliar

 Walau disebut Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai politik uang dan gratifikasi, Partai Golkar tetap mengharuskan calon ketua umum untuk menyetor uang Rp 1 miliar.

Keputusan tersebut diambil oleh Streeting Committee Musyawarah Nasional Luar Biasa di Jakarta pada Kamis, 5 Mei.

Sekretaris Steering Committee Munaslub Golkar Agun Gunanjar Sudarsa mengatakan Komite Etik Golkar telah meminta klarifikasi dengan KPK dan menurutnya KPK tidak pernah melarang sumbangan. 

“Sumbangan caketum tidak berkaitan dengan gratifikasi,” katanya. Baca selengkapnya di Kompas.com.

3 WNI tewas usai kecelakaan di Mississippi

Tiga warga negara Indonesia (WNI) tewas usai mengalami kecelakaan beruntun di Mississippi, Amerika Serikat, Minggu lalu, 2 Mei.

Diplomat Indonesia di Konsulat Jenderal RI di Houston, Texas, langsung meluncur ke Mississippi begitu mendengar kabar duka tersebut, pada Kamis.

Sebelumnya pada Minggu malam, sekitar pukul 21:00 waktu setempat, terjadi kecelakaan yang menimpa 5 WNI di highway I-10, di perbatasan Mississippi dan Louisiana, atau berjarak sekitar 800 km dari Houston.

Kelima WNI itu berada dalam satu kendaraan. Tiga orang tewas, sementara dua lainnya luka parah. Selengkapnya di Detik.com.

Ahok bantah tudingan gedung Tempo belum miliki IMB  

Gubernur DKI Jakarta Ahok saat tiba di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, pada 25 Februari 2016, untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus UPS. Foto oleh Reno Esnir/Antara

Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama membantah tuduhan Direktur III PT Kapuk Niaga Indah Nono Sampono yang menyatakan bahwa gedung milik perusahaan media, Tempo, belum memiliki izin mendirikan bangunan (IMB). 

Ia menjawab tudingan tersebut melalui akun Twitter-nya, Rabu malam.

Sebelumnya, media bertanya kepada Nono Sampono saat ditemui di pulau reklamasi, mengapa belum memiliki IMB. Menurutnya, banyak pengembang yang memilih membangun terlebih dahulu sembaru mendapatkan IMB.

“Tanya sama Tempo, dia waktu bangun udah ada IMB belum? Kan, sambil jalan,” kata Nono saat itu. Selengkapnya di Tempo.co.

PRT di bawah umur mengaku dianiaya majikan

KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN. Walau dilindungi undang-undang, perempuan Indonesia masih sering mengalami kekerasan

Tidak kuat dianiaya majikan, seorang pembantu rumah tangga berinisial A (15 tahun) melarikan diri dengan melompat dari lantai dua rumah majikannya di kawasan Simprug, Jakarta Selatan pada Kamis, 5 Mei.

Kapolsek Kebayoran Lama Kompol Agus Rizal mengatakan kantornya merima laporan dari seorang warga sekitar pukul 8 pagi. Warga tersebut melaporkan dirinya dianiaya oleh majikannya.

 “Korban diantar Pak RT ke sini melapor sama saksi IM, cewek. Kakinya patah, lalu kami bawa ke rumah sakit untuk visum. Kan lompat dari lantai dua,” kata Agus. Selain menderita patah kaki, korban mengalami luka di pipi bagian kiri.

Agus mengatakan polisi masih melakukan penyidikan terhadap kasus tersebut. Baca selengkapnya di Detik

 Siswa SMP jatuh saat ‘selfie’ dari lantai 5 gedung kosong di Koja

Seorang siswa SMP bernama Agus Firmansyah (12 tahun) tewas akibat jatuh dari lantai 5 sebuah gedung kosong di Koja, Jakarta Utara, pada Rabu malam, 4 Mei. 

Ia jatuh karena terpeleset saat sedang selfie bersama teman-temannya. 

Insiden itu terjadi di Kantor Imigrasi Jakarta Utara di Koja. Kantor imigrasi tersebut kosong karena pembangunannya sudah lama terhenti. Selengkapnya di Detik.com.

Gubernur Bengkulu: Pemicu tewasnya YY adalah kemiskinan

Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti mengatakan alasan pemerkosaan dan pembunuhan terhadap gadis remaja 14 tahun oleh 14 pria adalah kemiskinan.

Menurutnya, lokasi kejadian di daerah tewasnya YY, Desa Kasie Kasubun, Kabupaten Rejang Lebong, punya angka kriminalitas yang tinggi. Pemicunya karena masih terdapat kemiskinan yang marak.

“Daerah kriminalnya tinggi. Lokasinya dekat dengan hutan. Akibat kemiskinan, jadi pemicu. Angka kemiskinannya tinggi. Ditambah narkoba masuk ke desa-desa,” Kata Ridwan.

Untuk mengatasinya, ia mengatakan akan membangun pondok pesantren demi menekan angka kriminalitas. Selengkapnya di Detik.com.

Priyo Budi Santoso daftar jadi calon ketua umum Golkar

Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie. Foto oleh Bagus Indahono/EPA

Mantan Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso mendaftarkan diri sebagai bakal calon Ketua Umum Partai Golkar, Rabu malam.

“Saya telah siapkan dengan tim. Semua persyaratan sudah kami siapkan semua. Saya patuh dan mengikuti,” kata Priyo di kantor DPP Golkar.

Ia mengatakan alasan majunya sebagai calon ketua umum Partai Beringin itu karena terpanggil untuk kebangkitan Golkar. Menurutnya, konflik dual kepemimpinan di Golkar yang telah berjalan selama setahun lebih itu harus diakhiri dengan rekonsiliasi dari dua pihak.

“Keinginan kami melihat masa depan Golkar. Sempat dilanda konflik berkepanjangan untuk menyudahi konflik berkepanjangan, gesekan. Ini jadi momentum,” kata Priyo seperti dikutip Detik.com.

Musyawarah Nasional Luar Biasa Golkar akan diadakan pada 15 Mei di Bali.

Perbaikan aspal runway kelar, Bandara Ngurah Rai Bali kembali dibuka 

BANDARA TUTUP. Bandara Ngurah Rai ditutup selama empat jam karena ada pengelupasan aspal di bagian runaway. Foto oleh Made Nagi/EPA

Setelah ditutup selama kurang lebih 4 jam, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akhirnya dibuka pada Rabu malam, 4 Mei. Bandara kembali dibuka setelah perbaikan aspal runway selesai dilakukan.

Sebelumnya bandara sempat ditutup pada pukul 18:00 WITA dan dibuka lagi pada pukul 22:00 WITA akibat aspal runway mengelupas.

Pada saat ditutup, sejumlah penerbangan dialihkan ke bandara lain. Sementara beberapa penerbangan lain memilih kembali ke tujuan semula. Sementara itu, lalu lintas penerbangan di bandara saat ini dalam kondisi normal. Dilaporkan tidak terjadi kekacauan meski sekitar 4 jam mengalami penutupan. 

Laporan Bobby Andalan, kontributor Rappler di Bali.

Indonesia wRap: Rabu, 4 Mei 2016

Jokowi  ikut berkomentar kasus kematian YY hingga Leicester juara Liga Inggris

Kematian remaja berusia 14 tahun asal Bengkulu, YY, akhirnya turut dikomentari oleh Presiden Joko Widodo melalui akun Twitternya. Dia mengatakan turut berduka dan meminta agar pelaku dihukum seberat-beratnya.

Sementara, tim kuda hitam Leicester City secara tidak terduga berhasil menjadi juara Liga Primer Inggris. Bagaimana perjalanan karir tim Leicester City sejak awal hingga meraih juara?

Simak video berikut:

—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!