Fitur ‘quote’ WhatsApp terinspirasi fitur lama Telegram

Aditya Hadi Pratama

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Fitur ‘quote’ WhatsApp terinspirasi fitur lama Telegram
Tampilan kutipan pesan di WhatsApp bahkan terkesan meniru tampilan di Telegram.

JAKARTA, Indonesia — Sejak beberapa hari yang lalu, para pengguna WhatsApp dihebohkan dengan kehadiran fitur baru yang memungkinkan kamu untuk mengutip (quote) sebuah pesan dalam group chat

Dengan fitur tersebut, kamu bisa menunjukkan pesan mana yang ingin kamu balas, dan semua anggota group chat bisa mengetahui pesan mana yang sedang dibahas.

Untuk mengakses fitur ini, kamu hanya perlu menekan pesan yang ingin kamu kutip selama beberapa waktu. Apabila kamu menggunakan aplikasi WhatsApp di perangkat iOS, kamu akan mendapati tombol baru yang bernama “Reply”. 

Sedangkan apabila kamu menggunakan perangkat berbasis Android, akan ada tanda panah yang mengarah ke kiri di bagian atas layar, di sebelah tanda bintang. 

Perbandingan tombol untuk mengutip pesan di Whatsapp: iOS (kiri), dan Android (kanan). Foto dari Tech in Asia

Tampilan fitur Reply di Telegram. Foto dari Tech in Asia

Jika kamu telah menekan tombol baru tersebut, maka pesan yang akan kamu balas juga akan muncul bersamaan dengan pesan yang kamu kirimkan. Penulis sendiri telah mencoba fitur baru tersebut, dan berhasil. Sayangnya, fitur ini belum bisa digunakan jika kamu menggunakan WhatsApp lewat web browser.

Kehadiran fitur untuk mengutip pesan di chat group seperti yang dibuat WhatsApp ini sebenarnya bukanlah hal baru. Aplikasi pengiriman pesan Telegram telah membuat fitur ini pada 2015 dan memberinya nama Reply. 

Tampilan kutipan pesan di WhatsApp bahkan terkesan meniru tampilan di Telegram.

Ketika meluncurkan fitur Reply tersebut, Telegram juga menghadirkan fitur-fitur menarik lain, yaitu Mention dan Hashtag. 

Melihat WhatsApp kini telah “menyontek” fitur Reply, bukan tidak mungkin kalau dalam waktu dekat mereka juga akan membuat tiruan dari fitur Mention dan Hashtag milik Telegram. —Rappler.com

Tulisan ini sebelumnya diterbitkan di Tech in Asia

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!