Atlet bulu tangkis Indonesia waspadai virus Zika jelang Olimpiade Rio

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Atlet bulu tangkis Indonesia waspadai virus Zika jelang Olimpiade Rio
Untuk hindari Zika, para atlet dibekali lotion, semprotan anti nyamuk, hingga kelambu untuk tidur

JAKARTA, Indonesia — Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengantisipasi virus Zika yang masih mewabah di Brasil, jelang keberangkatan tim bulu tangkis ke Olimpiade Rio de Janeiro 2016 pada Agustus mendatang.

Virus Zika adalah penyebab penyakit atau demam Zika, yang masih berasal dari keluarga yang sama dengan virus penyebab penyakit demam berdarah. Virus Zika disebarkan kepada manusia oleh nyamuk Aedes yang telah terinfeksi.

Untuk menghindari virus Zika, para atlet akan dibekali dengan lotion anti nyamuk, semprotan anti nyamuk, kertas tempelan anti nyamuk, sampai kelambu juga diboyong ke Rio untuk dipakai selama atlet tidur di perkampungan atlet.

“Kami memang ingin mengurangi resiko atlet tergigit nyamuk dan menghindari virus Zika, karena ini sangat berbahaya,” kata manajer tim bulu tangkis Indonesia di Olimpiade Rio, Rexy Mainaky, melalui keterangan pers.

“Protektif boleh, namun kami juga tidak mau terlalu paranoid. Yang paling penting, atlet harus menjaga kondisi dan daya tahan tubuh selama di Brasil,” kata Kabid Binpres PP PBSI itu.

Isu virus Zika memang sempat menebar kekhawatiran bagi sejumlah negara peserta olimpiade. Bahkan beberapa negara memutuskan untuk tidak mengirimkan atlet tertentu ke Rio. 

Tim bulu tangkis Indonesia meloloskan sepuluh pemain ke Olimpiade Rio de Janeiro. Pemain yang akan berangkat adalah pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto, Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir, Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan, Greysia Polii/Nitya Khrishinda, Tommy Sugiarto dan Linda Wenifanetri. —Antara/Rappler

Baca laporan Rappler tentang Olimpiade Rio 2016:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!