Menikmati car free day sambil belanja produk lokal

Uni Lubis

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Menikmati car free day sambil belanja produk lokal
HIPPI dan Sarinah gelar Sunday Market untuk mempromosikan produk hasil UMKM. Pedngunjung bisa belanja sambil menikmati aneka kuliner Indonesia

JAKARTA, Indonesia – Ratusan orang memenuhi halaman Pertokoan Sarinah di Kawasan Jalan MH.Thamrin, Minggu pagi, 23 April 2017.  Ibu-ibu mengikuti senam sehat dipimpin seorang instruktur. Ini pemandangan yang biasa ditemui setiap berlangsungnya Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day yang berlangsung sejak era Gubernur DKI Jakarta Fauzi  Bowo. Yang berbeda, kali ini digelar Sunday Market, pasar sayuran dan buah-buahan.  

Sebuah tenda besar dibangun di halaman Sarinah, BUMN yang mengelola perdagangan eceran beragam barang di Mal Sarinah.  Acara ini hasil kolaborasi Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) dan Sarinah. HIPPI adalah organisasi yang memayungi jutaan anggota di seluruh Indonesia, kebanyakan usaha mikro kecil dan menengah. Selain stan sayuran dan buah-buahan segar,  beragam stan makanan olahan, daging beku dan stan kuliner makanan nusantara diserbu pengunjung.

(BACA : Rappler berbagi kiat memanfaatkan media sosial di Munas HIPPI)

“Tujuan Sunday Market ingin membantu mengangkat produk dalam negeri terutama UMKM anggota HIPPI, termasuk binaannya Sarinah yang ada di dalam. Kami memperkenalkan acara ini  kepada para peserta CFD,” kata Suryani Sidik Motik, Ketua Umum HIPPI, kepada Rappler, di lokasi acara. Yani mengatakan, awalnya kegiatan dirancang satu bulan sekali. Tetapi, wakil gubernur terpilih Sandiaga Uno yang sempat mampir ke lokasi menyarankan kegiatan diadakan setiap minggu.

Pihak Sarinah menyambut baik ide menggelar Sunday Market lebih sering. “Kami lihat animonya bagus. Kita bisa mengadakan dua kali satu bulan,” ujar Lies Permata Lestari, direktur retail business, Sarinah. Menurutnya, acara seperti ini sejalan dengan misi Sarinah mendukung promosi produk lokal produksi UMKM.

Tema bulan depan, kata Yani Motik, adalah aneka produk laut.  “Ada nelayan, UMKM hasil laut, tapi tetap ada sayuran, buah dan kuliner Indonesia,” kata Yani Motik. Dia berharap kegiatan di Jakarta diikuti oleh cabang HIPPI di daerah. –Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!