Indonesia

Ramadan Yummy: Pulihkan energi yang hilang saat berpuasa dengan kurma

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ramadan Yummy: Pulihkan energi yang hilang saat berpuasa dengan kurma
Ternyata, kurma tidak hanya cocok untuk dikonsumsi pada bulan Ramadan saja.

JAKARTA, Indonesia — Kurma selalu menjadi pilihan makanan yang wajib tersedia ketika warga menjalani ibadah di bulan Ramadan. Salah satu alasannya, karena dipercaya memiliki kandungan gizi yang dapat memulihkan energi setelah menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam sepanjang hari.

Diimpor dari berbagai negara

TIMUR TENGAH. Kurma yang diimpor ke Indonesia kebanyakan berasal dari negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Iran, Tunisia, dan Mesir. Foto oleh Sakinah Ummu Haniy/Rappler

Kurma yang diimpor ke Indonesia kebanyakan berasal dari negara-negara Timur Tengah, mulai dari Arab Saudi, Iran, Tunisia, hingga Mesir. Ada pula kurma yang diimpor dari negara lain seperti Amerika Serikat, yaitu kurma Medjol yang juga sangat digemari karena bentuknya yang besar dan rasanya yang legit.

Namun ada satu kurma yang selalu menjadi primadona, yaitu kurma Ajwa atau juga dikenal dengan sebutan “kurma nabi”. Kurma ini dipercaya berasal dari pohon yang ditanam sendiri oleh Nabi Muhammad SAW. Jadi, meskipun harganya pasti lebih mahal dari jenis kurma lain, kurma Ajwa tetap menjadi serbuan pembeli.

KURMA NABI. Kurma Ajwa dipercaya berasal dari pohon kurma yang ditanam oleh Nabi Muhammad SAW. Foto oleh Sakinah Ummu Haniy/Rappler

Beragam manfaat

Dengan adanya beragam jenis kurma yang tersedia, ternyata manfaat yang ditawarkan juga beragam. Saat berbuka kurma dapat dikonsumsi pertama kali, bahkan sebelum minum air, agar energi yang hilang bisa kembali.

“Manfaatnya kurma itu banyak, minimal kalau kita mau buka puasa itu terlebih dahulu bagusnya makan kurma tiga biji, terus baru minum air,” tutur Nur Asih, Quality Control Thamra. Thamra merupakan salah satu toko Kurma terbesar di Jakarta yang menyediakan lebih dari 30 jenis kurma serta makanan lainnya dari Timur Tengah.

Selain itu, setiap jenis kurma juga bisa jadi memiliki manfaat tersendiri. Seperti kurma Anbar yang cocok untuk ibu menyusui, kurma Sukkari yang bisa menambah stamina pria, serta kurma madu yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan.

BERAGAM MANFAAT. Kurma jenis Ruthoob Sukkari dipercaya dapat memperkuat stamina pria. Foto oleh Sakinah Ummu Haniy/Rappler

“Banyak juga manfaatnya. Itu bisa menambah stamina tubuh, selain itu juga bagus untuk kesehatan,” ujar Nur Asih menambahkan saat Rappler berkunjung ke Thamra di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Tidak hanya saat berpuasa, kurma ternyata juga sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Kalian tertarik untuk mencoba? —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!