Indonesia

Daftar pemeran film ‘Dilan’ resmi diumumkan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Daftar pemeran film ‘Dilan’ resmi diumumkan
Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan akan memerankan karakter Dilan dan Vanessa Prescilla berperan sebagai Milea

JAKARTA, Indonesia — Kisah novel laris karya penulis Pidi Baiq, Dilan akan segera diangkat ke layar lebar. Adalah rumah produksi Falcon Pictures, yang akan menggarap proses produksi film tersebut.

Senin, 17 Juli, berlokasi di kantor Falcon Pictures, sederetan nama pemeran film Dilan yang selama ini ditutup rapat-rapat pun akhirnya resmi diumumkan. Personel CJR, Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan disebut sebagai pemeran Dilan, sementara Vanessa Prescilla akan memerankan tokoh Milea.

Menurut sutradara yang akan menggarap film Dilan, Fajar Bustomi, proses pemilihan pemeran di film ini sudah mengalami pergantian berulang kali sebelum akhirnya resmi diumumkan. “Setelah diskusi lama dan casting panjang banget. Yang paling tepat dan pas adalah Iqbaal. Karena Dilan itu enggak boleh bule. Sejauh yang saya kenal, dia cerdas untuk jadi Dilan,” kata Fajar saat press conference, Senin, 17 Juli.

“Untuk karakter lain, Vanessa. Pidi Baiq sempat cerita ke saya. Waktu liat Vanessa, Pidi langsung bilang, ‘Ini Milea’.” Di proyek film ini, Pidi Baiq bertindak sebagai penulis skenario.

Berikut daftar pemeran untuk film Dilan:

Zulfa Maharani sebagai Rani

Yuriko Angeline sebagai Watu

Steffi Zamora sebagai Susi

Omar sebagai Pian

Vanesha Prescilla sebagai Milea

Refal Hady sebagai Kang Adi

Giulio Parengkuan sebagai Anhar

Gusti Rayhan sebagai Akew

Debo sebagai Nandan

Iqbal Dhiafakhri Ramadhan sebagai Dilan

Belajar tengil

Banyak yang tak menyangka jika akhirnya peran Dilan yang sudah diidolakan banyak pembaca novel di Indonesia jatuh ke tangan Iqbaal. Bahkan Iqbaal sendiri hampir tidak percaya bahwa ia akan memerankan tokoh Dilan.

“Kaget sih, karena gue tahu Dilan (novel). Teman-teman gue tahu Dilan. Dan gue tahu yang baca Dilan juga enggak cuma anak-anak muda aja. Karena latar belakangnya tahun 90-an, dan ceritanya kan enggak cuma kisah cinta biasa aja kan. Lebih pintar dan cerdas pembawaannya Dilan. Gue suka sih sama Dilan,” ujar Iqbaal.

Uniknya, tawaran berakting ini justru menghampiri Iqbaal saat ia kini tengah menempuh studinya di Amerika Serikat. Tapi kata Iqbaal, syuting tidak akan mengganggu perkuliahannya. “Kalau misal untuk syuting, semua akan dilakukan sebelum saya balik ke sana. Kalau untuk promo nanti tiba-tiba ada aja. Pasti ikut promonya,” kata Iqbaal yang akan memulai syuting pada 26 Juli mendatang.

Persiapan terbesar, selain fisik, yang harus dilalui Iqbaal adalah mempelajari karakter Dilan sepenuhnya. Salah satunya adalah belajar jadi tengil alias menyebalkan. “Tapi gue rasa Dilan lebih humble dan wise. Dia baca buku filsafat, itu buku yang gue baca. Makanya dia puitis.” 

Salah satu persiapan yang juga harus dilakukan Iqbaal adalah membiasakan diri mengendarai motor yang jadi ciri khas Dilan. Sedikit grogi, karena Iqbaal memang pernah mengalami kecelakaan sepeda motor beberapa waktu lalu. “Semenjak balik ke sini (Indonesia), gue beli motor juga. Gue kemarin-kemarin naik motor,” ujarnya.

Film pertama

Untuk Vanessa Prescilla, Dilan adalah kesempatan pertamanya menjajal kemampuan akting di layar lebar. Sekadar informasi, Vanessa adalah adik kandung dari aktris Sissy Prescillia, pemeran karakter Milly di film Ada Apa Dengan Cinta.

Berbeda dengan Iqbaal yang mendadak ditawari peran Dilan, nama Vanessa sudah sejak lama ditargetkan untuk memerankan karakter Milea. “Bangga sih. Tapi ya kadang-kadang orang suka manggil ‘Milea’. Waktu itu 2 tahun lalu aku udah dipanggil ‘Milea’ padahal belum dikasih tahu fix-nya aku jadi Milea di film,” kata Vanessa.

Jelang syuting, Vanessa pun mengaku sudah menjalin kedekatan dengan Iqbaal sebagai lawan mainnya. Untungnya, mereka cukup cepat dekat. Di mata Vanessa, Iqbaal adalah sosok yang ramah dan pintar. “Terlihat dari cara dia ngomong ke orang. Kalau orang baru ketemu kan suka diam. Tapi Iqbaal itu suka ngomong dan gampang berbaur. Akhirnya aku jadi dekat sama dia jadi nyaman.”

—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!