Alasan promotor memindahkan kembali venue ‘JogjaROCKarta’

Dyah Ayu Pitaloka

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Alasan promotor memindahkan kembali venue ‘JogjaROCKarta’
Meski hingga H-3 Rajawali Indonesia mengantungi dua izin pertunjukan, venue dialihkan demi menghindari polemik di mata dunia

YOGYAKARTA, Indonesia —Gelaran festival musik JogjaROCKarta yang menghadirkan band rock dunia Dream Theatre dipastikan berlangsung di Stadion Kridosono pada 29 dan 30 September 2017. 

Meskipun sempat diwarnai polemik perpindahan lokasi venue, penyelenggara konser, Rajawali Indonesia Communication menyebut Indonesia menjadi satu-satunya negara tempat Dream Theatre bermain selama dua hari berturut-turut dalam satu event yang sama.

(BACA JUGA: Konser ‘JogjaROCKarta’ pindah venue lagi)

“Indonesia ini menjadi satu-satunya negara di mana Dream Theatre bermain dua hari dalam satu even yang sama,” kata CEO dan Founder Rajawali Indonesia selaku promotor JogjaROCKarta Anas Syahrul Alimi,dalam konferensi pers di Hyatt Regency Hotel, Yogyakarta 28 September 2017.

Bertambahnya jam tampil Dream Thatre menurut Anas terjadi karena sambutan fans yang luar biasa. “Tiket pre sale ludes selama 3 jam, kemudian tiket sold out dalam 1 hari, itu venue masih di Kridosono. Sementara Dream Theater membatasi jumlah penonton 7,500 di setiap konser,” katanya. Panitia kemudian membuka kembali tiket untuk pertunjukan hari ke dua dan terserap hingga 40% di hari pertama loket di buka.

Melihat animo penonton yang besar, Anas kemudian menerima tawaran agar Dream Theater bisa bermain di Prambanan. Proposal itu ditindaklanjuti dengan presentasi di hadapan lebih dari 15 institusi sekitar 4 kali di Jakarta.

 

(BACA JUGA: 5 hal tentang Dream Theater)

“Insitusi itu adalah semua stakeholder dari pemerintah dan juga komunitas pelindung budaya. Kami juga mempresentasikan teknologi musik yang diminta Dream Theater,” katanya. Hasilnya, penyelenggaran mengantongi izin pertunjukan di Prambanan pada 8 September 2017 dan segera memindah persiapan dari Kridosono ke Prambanan.

PINDAH VENUE. Anas Alimi, CEO Rajawali Indonesia, promotor 'JogjaROCKarta' menjelaskan kronologis perpindahan kembali venue di hari ketiga jelang event digelar. Foto oleh Dyah A. Pitaloka/Rappler

Namun kemudian, penyelenggara menerima protes dari Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) yang menyatakan konser musik rock mengancam kelestarian Candi Prambanan. Protes disampaikan setelah IAAI menghubungi Anas melalui WhatsApp dan kemudian mengirim surat protes melalui surel pada H-3.

Akhirnya penyelenggara memutuskan pindah ke Stadion Kridosono kembali dan melakukan persiapan sejak 27 September petang. “Sebenarnya kami sudah mengantongi izin di Prambanan. Tetapi karena ini melibatkan band dunia, kami menjaga nama agar tidak terjadi polemik yang mendunia,” lanjutnya. Konser JogjaROCKarta pun akan berlangsung di stadion dengan kapasitas 35 ribu penonton itu.

Perpindahan lokasi konser diakui membuat kecewa band lain yang turut mengisi konser JogjaROCKarta. Ahmad Albar, pentolan band God Bless, misalnya, mengaku sempat kecewa. “ Ini kan pertujukan dengan musisi rock dunia dan berlangsung di Candi Prambanan. Akan menjadi promosi menarik bagi Indonesia. Jadi sempat kecewa ketika berpindah. Tetapi harus tetap semangat dan the show must go on,” katanya di tempat yang sama.

Tak cuma Dream Theater, JogjaROCKarta akan dimeriahkan dengan pertunjukan sejumlah band asal Indonesia. Antara lain God Bless, Power Metal, Death Vomit, dan Kelompok Penerbang Roket.

Disediakan panggung sepanjang 50 meter yang dibagi dua, untuk tempat band pendukung serta band utama Dream Theater yang direncanakan akan tampil selama 3 jam. Deretan band pendukung juga tak ingin kalah pamor sepanggung dengan band kelas dunia. Seperti terobosan yang dilakukan oleh Death Vomit. “Pengalaman luar biasa bermain dengan Dream Theater, kami nanti akan kolaborasi dengan Eros (gitaris Sheila on 7). Kolaborasi bersama Eros di luar ekspektasi kami,” kata Sofyan anggota Death Vomit sambil mengacungkan dua jempolnya.

JogjaROCKarta akan berlangsung selama dua hari, pada 29 dan 30 September di Stadion Kridosono Yogykarta dengan jadwal open gate pukul 14:00 WIB. Penyelenggara menyebut persiapan terus berlangsung dan tiket untuk hari ke dua masih tersisa serta penonton bisa membeli tiket on the spot. Penyelenggara juga akan memberikan informasi lanjutan tentang tempat parkir kendaraan pada hari pertunjukan berlangsung.

Selama ini komunikasi antara penyelenggara dilakukan menggunakan tiga media, yaitu media sosial, komunikasi melalui pesawat telepon serta SMS atau email blast

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!