Indonesia

Piala AFF: Tekuk Singapura, Indonesia lolos ke babak semifinal

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Piala AFF: Tekuk Singapura, Indonesia lolos ke babak semifinal
Gol Stefano Lilipaly menyelamatkan Indonesia

JAKARTA, Indonesia – Tim nasional Indonesia akhirnya sukses meraih tiket semifinal Piala AFF 2016 setelah menekuk Singapura dengan skor 2-1 dalam laga terakhir babak penyisihan Grup A di Rizal Memorial Stadium, Jumat malam.

Sempat tertinggal lebih dulu lewat gol salto yang indah dari pemain Singapura, Mohammad Khairul Amri bin Mohammad Kamal pada menit ke-27, Indonesia berhasil menyamakan skor lewat gol Andik Vermansyah pada menit ke-66.

Gol Andik ini berawal dari umpan lambung Rizki Pora dari sayap kiri. Andik langsung menyambut umpan tersebut dengan tendangan keras ke arah gawang Singapura. Bagi Andik, gol ini menjadi kado hari ulang tahunnya yang ke-25 yang jatuh pada Rabu, 23 November lalu.

Indonesia berhasil membalik keadaan lewat gol yang dicetak Stefano Lilipaly pada menit ke-85. Gol ini tercipta berkat kesalahan pemain bertahan Singapura. Lilipaly dengan sigap langsung menyambar umpan tarik dari Boas. Tendangannya ke arah pojok gagal dijangkau kiper Singapura.

Kemenangan ini membuat Indonesia kini mengoleksi 4 poin. Dengan angka ini, Indonesia memastikan diri lolos ke babak semifinal. Sebab, pada saat bersamaan, Filipina ditekuk Thailand dengan skor 0-1. Kekalahan ini membuat Filipina hanya mengoleksi 2 poin. 

 

Filipina pun, bersama Singapura, harus rela tersingkir dari ajang Piala AFF 2016. Sementara Indonesia yang finis di urutan kedua Klasemen Grup A lolos ke babak semifinal bersama Thailand yang menempati puncak klasemen Grup A. 

 

Ini untuk pertamakalinya Indonesia lolos ke babak semifinal dalam dua hajatan Piala AFF terakhir. Sebelumnya Indonesia tersingkir di babak penyisihan grup pada Piala AFF 2012 dan 2014.

Pelatih tim nasional Indonesia Alfred Riedl mengatakan kemenangan atas Singapura ini adalah kemenangan yang manis. “Seperti yang Anda tahu, kami datang ke sini dengan banyak masalah. Jadi ini kemenangan yang manis,” kata Riedl. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!