Berita hari ini: Sabtu, 18 Februari 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Sabtu, 18 Februari 2017

ANTARA FOTO

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui.

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Sabtu, 18 Februari 2017.

Merasa dicurangi, paslon Rano Karno-Embay akan menuntut pemungutan suara ulang

Pertarungan antara calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Wahidin Halim-Andika Hazrumy dan Rano Karno-Embay Mulya Syarief semakin ketat. Merasa dicurangi, kubu Rano mulai menyisir seluruh kantor camat yang sedang melakukan penghitungan suara di tingkat kecamatan.

Tim hukum Rano-Embay pun akan menuntut dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) di 13 kecamatan di Kota Tangerang.

“Tim hukum sejak semalam bergerak, termasuk menyisir 13 kecamatan. Kami juga akan menuntut PSU,” ujar kuasa hukum tim pemenangan Rano-Embay, Sirra Prayuna.

Dia mengaku menemukan bukti terjadi pelanggaran secara masif di 80 persen di kota Tangerang. Pelanggaran yang dimaksud yaitu pembongkaran kotak suara secara ilegal tanpa didampingi saksi. Selengkapnya baca di sini.

Polisi Kapuas tetapkan 3 tersangka pembunuh orang utan

ORANGUTAN. Bayi orangutan bersama induknya di Taman Nasional Tanjung Putih, Kalimantan, 2 September 2013. Foto oleh Barbara Walton/EPA

Polres Kapuas berhasil menangkap 10 pelaku yang diduga terlibat pembunuhan orang utan di Kapuas, Kalimantan Tengah. Dari 10 orang itu, personel kepolisian menetapkan 3 pelaku ditetapkan sebagai tersangka.

“Jadi penyidik menetapkan dari sepuluh yang kita amankan sebagai tersangka tiga orang. Satu yang melakukan penembakan, yang menggorok, inisial AY. Yang kedua yang turut membantu sampai membawa mengangkut ke kamp,” ujar Kapolres Kapuas AKBP Jukiman Situmorang.

Tersangka AY (Ariyanto) disebut sebagai pelaku utama yang berperan sebagai penembak orang utan. Kemudian dua orang lainnya yakni EMS (Elgian Misgi Santoso) dan Fe (Feriansyah) disebut membantu mengangkut mayat orang utan ke base camp G8 Tapak PT Susantri Permai Desa Tumbang Puroh, Kecamatan Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Sementara, tujuh orang lainnya yang ikut ditangkap hanya ditetapkan sebagai saksi. Ketujuh orang itu bertindak sebagai informan yang menjelaskan proses pembantaian orang utan itu kepada polisi. Selain menembak dan menggorok, ketiga pelaku lainnya juga mengkonsumsi daging orang utan itu. Selengkapnya baca di sini.

Timses Anies-Sandi sebut DP program rumah warga ditanggung Pemda DKI

KAMPANYE. Cagub-cawagub DKI Jakarta, Anies Baswedan (kanan) dan Sandiaga Uno (kiri), mendampingi Ketum Gerindra Prabowo Subianto (tengah) dalam kampanye akbar di Lapangan Banteng, 5 Februari 2017. Foto dari tim media Anies-Sandi

Ketua Tim Pemenangan calon gubernur-wakil gubernur nomor urut tiga, Mardani Ali Sera menjelaskan soal program rumah tanpa down payment (DP) yang kini tengah hangat menjadi perbincangan publik. Pasalnya, penjelasan mengenai salah satu program andalan paslon Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ini terkesan simpang siur.

Jika sebelumnya dalam pamflet disebut program itu tanpa DP 0 persen, Anies kemudian menjelaskan rumah murah bisa dimiliki oleh warga DKI tanpa DP 0 rupiah. Kemudian, di saat Anies mengatakan DP diganti dengan tabungan warga secara konsisten minimal selama 6 bulan di Bank DKI, kini Mardani memberikan penjelasan berbeda.

“Sebenarnya DP tetap ada dan ditanggung oleh Pemda (DKI Jakarta),” ujar Mardani di sebuah kafe di Cikini, Jakarta Pusat.

Dia tidak menjelaskan secara detail bagaimana mekanisme Pemprov menanggung DP rumah itu. Namun, kata dia, program ini akan menggandeng Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bank DKI Jakarta dan beberapa bank swasta.

“Akan dijadikan jelas, detail. Berapa luasnya, di mana tempatnya, kami sudah punya,” tutur Mardani. Selengkapnya baca di sini.

Chappy Hakim mundur sebagai Presdir PT Freeport Indonesia

MUNDUR? Mantan Kepala Staf Angkatan Udara, Chappy Hakim dikabarkan mundur sebagai Direktur Utama PT Freeport Indonesia. Foto oleh ANTARA

PT Freeport Indonesia mengumumkan pengunduran diri Chappy Hakim dari jabatannya sebagai presiden direktur dan selanjutnya kembali ke posisinya semula sebagai penasihat perusahaan. Hal itu disampaikan PT Freeport Indonesia melalui keterangan tertulis yang disampaikan pada hari ini.

“Adalah kehormatan bagi saya untuk menjabat sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia dan saya menaruh hormat pada perusahaan dan anggota-anggota timnya yang berbakat. Menjabat sebagai presiden direktur memerlukan komitmen waktu yang luar biasa. Saya telah memutuskan bahwa demi kepentingan terbaik bagi Freeport dan keluarga, saya memilih mengundurkan diri dari tugas-tugas saya sebagai presiden direktur. Saya tetap melanjutkan dukungan saya kepada perusahaan sebagai penasihat,” ujar Chappy

Namun, dalam keterangan tertulis, Chappy tidak menjelaskan apa penyebab dia memilih mengundurkan diri. Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) itu hanya menyebut tengah menyelesaikan masalah yang berat di perusahaan tempatnya bekerja satu demi satu. Selengkapnya baca di sini.

Ini syarat jika ingin mendapatkan suara PPP di putaran kedua Pilkada DKI

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberikan syarat jika dua pasang calon (paslon) gubernur – wakil gubernur DKI Jakarta berminat mengajak koalisi dalam putaran kedua Pilkada. Secara umum syarat dari PPP yaitu mengakomodir beberapa visi-misi Agus-Sylvi terkait pembangunan infrastruktur.

Ketua DPW PPP DKI Jakarta, Abdul Azis mengatakan salah satu visi dan misi Agus-Sylvi yang erat dengan PPP yakni terkait ruang terbuka hijau (RTH). Saat ini, kata Azis, RTH di Jakarta baru mencapai sekitar 10 persen. Padahal, sesuai aturan, RTH harus mencapai 20 persen.

“Kami ingin ada road map dan komitmen dari mereka untuk mencapai syarat 20 persen RTH,” ujar Azis.

Dia mengatakan penyediaan RTH yang sesuai bisa dijadikan solusi atas beberapa masalah di Jakarta, mulai dari banjir, kemacetan hingga penataan lingkungan. Selengkapnya baca di sini– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!