Indonesia

Berita hari ini: Rabu, 22 Maret 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Rabu, 22 Maret 2017

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Rabu, 22 Maret 2017.

Istana: Jokowi tidak akan cabut izin pabrik Semen di Rembang

Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengaku sudah menyampaikan tuntutan kepada Presiden Joko “Jokowi” Widodo kepada para petani Pegunungan Kendeng yang melakukan aksi menyemen kedua kaki di depan Istana. Para petani Kendeng menuntut agar pemerintah membatalkan operasional PT Semen Indonesia di Pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah.

Sayangnya, Teten mengatakan mantan Gubernur DKI itu tidak akan mencabut izin yang diterbitkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo karena bukan kewenangan pemerintah pusat.

“Itu kan memang pemda yang memiliki kewenangan buat (menerbitkan) izin itu. Tidak semua dari Presiden,” ujar Teten di Kompleks Istana Kepresidenan.

Kendati tuntutan tidak dipenuhi, tetapi Teten menegaskan pemerintah sudah berupaya mencari jalan keluar. Pemerintah sudah meminta PT Semen Indonesia untuk tidak beroperasi sementara waktu walau sudah mengantongi izin. Kembali aktifnya operasional PT Semen Indonesia menunggu hingga Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selengkapnya baca di sini.

Supir angkot dan ojek online bentrok di Bogor

Polisi menghalau pengemudi ojek "online" seusai saat bentrok dengan pengemudi angkutan umum di kawasan Sangiang, Tangerang, Banten, Rabu (8/3). Foto oleh Lucky R/ANTARA

Kericuhan terjadi antara sopir angkutan kota dengan dan ojek online di Terminal Laladon, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu sore.

Kericuhan, antara lain, diwarnai dengan aksi pelemparan dan pengerusakan angkutan kota yang beroperasi di Terminal Laladon.

Hingga pukul 17.00 WIB, situasi di Terminal Laladon masih tegang. Akses jalan dari arah Dramaga menuju Laladon juga masih ditutup. Baca berita selengkapnya di sini.

MK pecat 4 pegawai pencuri berkas Pilkada

Mahkamah Konstitusi (MK) memecat empat pegawai mereka yang kedapatan mencuri satu lembar surat permohonan sengketa perolehan hasil pilkada yang diajukan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Dogiyai, Papua, Markus Waine-Angkian Goo.

“Memang benar-benar empat orang ini terlibat secara nyata sehingga Sekjen menjatuhkan pemecatan kepada mereka,” kata Ketua MK Arief Hidayat dalam konferensi pers di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu 22 Maret 2017.

Dua dari empat orang tersebut adalah petugas keamanan, satu pegawai biasa, dan satunya lagi Kepala Sub Bagian Humas.  Baca berita selengkapnya di sini.  

Aktivitas Gunung Dukono di Halmahera Utara meningkat

Gunung merapi mengeluarkan asap sulfatara yang difoto dari kawasan Turi, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (22/3). Foto oleh Andreas Fitri Atmoko/ANTARA

Aktivitas Gunung Dukono yang berada di Halmahera Utara, Maluku Utara, meningkat pada Rabu, 22 Maret 2017. Gunung tersebut mengeluarkan abu vulkanis setinggi 400-500 meter di atas kawah puncak.

Sampai Rabu siang ini, Dukono sudah 16 kali meletus dengan amplitudo 5-30 milimeter selama 24-39 detik dan gempa tremor menerus dengan amplitude 0,5-20 milimeter. 

“Bunyi gemuruh terdengar lemah-sedang,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Dukono Iwan Amat, Rabu 22 Maret 2017. Meski begitu warga diimbau tetap beraktivitas seperti biasa. Baca berita selengkapnya di sini.

Pilkada DKI: PAN ‘all out’ dukung Anies-Sandi

Ketua MPR Zulkifli Hasan (kedua kiri) mengunjungi lokasi normalisasi Bukit Duri, Manggarai, Jakarta, Jumat (10/3). Foto oleh Yulius Satria Wijaya/ANTARA

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan mengatakan partainya akan all out mendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

“Setelah pernyataan dukungan resmi maka organisasi di bawah PAN sah bekerja memenangkan Anies-Sandi,” kata Zulkifli di Gedung Nusantara III, Jakarta, Rabu, 22 Maret 2017.

Zulkifli mengatakan dirinya akan turun langsung berkampanye untuk Anies-Sandiaga. Sebab dukungan untuk Anies-Sandi datang dari tingkat bawah. Baca berita selengkapnya di sini.

Mobil kepresidenan sering mogok, Istana segera beli mobil baru?

MOGOK. Mobil kepresidenan yang ditumpangi oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Ibu Negara tiba-tiba mogok ketika tengah melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Barat pada 18 Maret lalu. Foto oleh Reno Esnir/ANTARA

Mobil kepresidenan yang sering digunakan oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo ternyata beberapa kali mogok saat tengah melakukan kunjungan kerja di daerah. Sekretaris Kabinet Pramono Anung bahkan menyebut sudah empat kali mobil kepresidenan mengalami mogok.

Mobil kepresidenan yang sering mogok adalah mobil jenis Mercedez Benz S600 Pullman Guard dan dibeli tahun 2007 lalu.

Pihak Istana mengaku sudah pernah menyarankan agar Jokowi segera memiliki mobil kepresidenan yang baru. Namun, mantan Gubernur DKI itu bersikeras untuk menggunakan mobil lama. Bahkan, dia meminta agar Paspamres memperbaiki mobil kepresidenan lainnya yang sudah uzur.

Namun, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, mengatakan hal yang berbeda. Menurut dia, untuk pengadaan mobil kepresidenan tidak harus memperoleh persetujuan dari Presiden.

Dia mengatakan situasinya sudah sangat mendesak sehingga kemungkinan pengadaan mobil kepresidenan akan dilakukan.

“Keputusan Menteri saja selesai. Jadi ya saya melihat ada urgensi luar biasa. (Mobilnya) sangat tidak layak. Sudah beberapa kali mogok kok,” kata Pratikno yang ditemui di Istana Negara pada Selasa, 21 Maret.

Hari ini Jusuf Kalla dapat gelar doktor honoris causa dari universitas Thailand

Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) melambaikan tangan ke mahasiswa usai menyampaikan kuliah umum di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Surabaya, Jawa Timur, Selasa (28/2).Foto oleh M Risyal Hidayat/ANTARA

Universitas Teknologi Rajamangala Thailand memberikan gelar doktor honoris causa di bidang administrasi bisnis kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla. Gelar tersebut diberikan langsung oleh Putri Maha Chakri Sirindhorn pada Rabu, 22 Maret 2017. 

Chairman of the Council of Rajamangala University of Technology, Prof Dr Surakiart Sathirathai memuji kelihaian Jusuf Kalla dalam menggabungkan pengalaman bisnisnya ke dalam pemerintahan. Ia juga memuji peran Jusuf Kalla dalam penyelesaian konflik.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada saya. Penghargaan ini bukan hanya untuk saya saja, tetapi seluruh rakyat Indonesia,” kata Jusuf Kalla dalam sambutannya. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

 

  

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!