FOTO: Jokowi blusukan asap, minta tindak tegas pembakar hutan

Rappler.com
FOTO: Jokowi blusukan asap, minta tindak tegas pembakar hutan
Ini adalah kali kedua Jokowi blusukan asap ke Pulau Sumatera

JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo memantau bencana asap di Pulau Sumatera, Minggu, 6 September.

Berdasarkan pantauan langsung, menurut Jokowi, titik api terbanyak berada di Sumatera Selatan, tempat yang ia kunjungi bersama jajaran menteri dan pejabat terkait.

Ini adalah kali kedua Jokowi blusukan asap ke Pulau Sumatera. Ia mengunjungi Riau pada November 2014, tiga bulan setelah dilantik sebagai presiden.

Informasi yang ia dapat, ada 8.000 hektar hutan yang terbakar tahun lalu, namun sepanjang tahun ini, menjadi 1.000 hektar lebih sedikit.

Jokowi yakin, kebakaran hutan yang melanda Pulau Sumatera ini bukan akibat alam, melainkan disebabkan oleh oknum-oknum di perusahaan yang melakukan pembakaran.

“Perusahaan yang lakukan pembakaran harus dicabut izinnya, dan dipidanakan,” kata Jokowi melalui statusnya di media sosial Facebook.

“Ke depan tindakan pencegahan jauh lebih penting. Harus dibuat sistem di mana pemilik lahan memiliki kewajiban untuk mencegah, supaya kebakaran tidak terus berulang.”

  • Untuk mengatasi bencana kabut asap yang menerpa wilayah-wilayah lain di Indonesia —Jambi, Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat— ia telah memberi arahan sebagai berikut:
  • Meminta kepekaan gubernur, bupati, dan wali kota di daerah bencana asap untuk tetap berada di tengah masyarakat dan melaksanakan kegiatan mendesak memadamkan sumber api.
  • Pemerintah pusat dan daerah bersama TNI, Polri, dan masyarakat untuk mengerahkan segala kemampuan memadamkan api secepatnya dan menjaga keselamatan dan kesehatan warga
  • Setelah masa darurat kabut asap reda, Jokowi perintahkan sesegera mungkin membuat terobosan solusi permanen untuk mengatasi bencana asap agar tidak terjadi lagi.
  • Kepada pihak yang terbiasa melakukan land clearing dengan melakukan pembakaran, bila ditemukan pelanggaran hukum harus ditindak tegas.
  • Kementerian dan lembaga terkait, juga Jokowi perintahkan berkonsentrasi dan mengerahkan program kerja pemerintah ke provinsi terdampak. 
  • Beberapa program pemerintah akan disesuaikan dengan kondisi daerah bencana asap.

Di bawah ini adalah foto-foto kunjungan Jokowi ke Sumatera Selatan untuk meninjau langsung penanganan kabut asap yang Rappler himpun dari akun Facebook Presiden.

—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.