Portugal ke semifinal Euro 2016 tanpa pernah menang dalam 90 menit

Rappler.com
Portugal ke semifinal Euro 2016 tanpa pernah menang dalam 90 menit
Portugal selalu bermain seri selama 90 menit

 

JAKARTA, Indonesia — Portugal menjadi tim pertama yang melangkah ke babak semifinal Euro 2016, usai mengalahkan Polandia melalui adu penalti pada Kamis, 30 Juni.

Namun langkah Portugal ke babak empat besar ini boleh dibilang tak cemerlang; mereka tak pernah menang dalam waktu 90 menit.

Di fase grup, Ronaldo dan kawan-kawan berada di Grup F bersama Hongaria, Islandia, dan Austria. Portugal selalu mendapat hasil seri dari 3 kali pertandingan: bermain 1-1 melawan Islandia, 0-0 ketika bertemu Austria, dan 3-3 saat menghadapi Hongaria.

Dengan perolehan 3 poin saja, anak buah Fernando Santos hanya menduduki urutan ketiga grup F, di bawah Hongaria dan Islandia. Portugal bisa lolos ke babak selanjutnya karena menjadi salah satu tim urutan ketiga dengan nilai terbaik.

Kritikus dan pengamat pun sempat pesimis dengan laju Portugal di babak 16 besar saat bertemu Kroasia — juara grup D yang pernah mengalahkan raksasa Spanyol 2-1.

Ricardo Quaresma merayakan golnya ke gawang Kroasia pada babak 16 besar Euro 2016. Foto dari Facebook/selecoesportugal

Namun nasib berkata lain, Portugal mampu mengatasi pasukan Ante Cacic dengan skor 1-0 saat memasuki perpanjangan waktu. Gol semata wayang itu dicetak oleh Ricardo Quresma pada menit 117.

Pada pertandingan melawan Polandia semalam, Portugal kembali meraih hasil imbang 1-1 hingga peluit dibunyikan pada menit 90. Portugal pun berhasil memenangi adu penalti dengan skor 5-3.

Pada babak semifinal, Portugal akan menghadapi pemenang antara Wales dan Belgia. Usai pertandingan melawan Polandia, Ronaldo mengatakan bahwa keduanya sangat sulit. 

“Wales menjalani turnamen dengan sangat baik. Belgia adalah tim berbahaya yang berhasil mendapatkan beberapa hasil bagus. Kedua tim akan membuatnya jadi rumit,” kata Ronaldo.

Patut ditunggu apakah dengan performa tim seperti ini, Portugal layak mendapatkan tempat di final Euro 2016. —Rappler.com

Baca laporan lengkap Rappler tentang Euro 2016:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.