Indonesia wRap: 22 Juni 2015

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

HUT Jakarta ke-488, Jokowi kembali gabung di Twitter, PDI-P pecat kader yang tertangkap OTT KPK.

JAKARTA, Indonesia — Presiden Jokowi berkicau di Twitter, ulang tahun Jakarta hari ini, dan apa perkembangan terbaru dari kasus OTT KPK akhir pekan lalu?

HUT Jakarta ke-488 tidak dirayakan dengan malam muda-mudi

Selamat hari ulang tahun, kota Jakarta. Meski merayakan hari jadinya yang ke 488, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak akan menyelenggarakan kegiatan Malam Muda-Mudi pada tahun ini. “Untuk tahun ini, kegiatan Malam Muda-Mudi tidak kita adakan karena berbarengan dengan bulan suci Ramadhan. Kita harus menghormati,” kata Ketua Panitia HUT ke-488 DKI Jakarta Andi Baso Mappapoleonro, Minggu, seperti dikutip Antaranews.com. Selain karena 22 Juni jatuh pada bulan puasa, kegiatan tersebut juga tidak digelar karena di lokasi acara —sepanjang jalan MH Thamrin — sedang dibangun sarana transportasi massal, mass rapid transit (MRT). 

Jokowi kembali gabung di Twitter dan Facebook pada hari ultahnya

Memperingati hari ulang tahunnya yang ke-54, Presiden Joko “Jokowi” Widodo menyapa rakyat Indonesia saat sahur, Minggu, melalui akun Twitter barunya, @Jokowi. Sebelumnya, Jokowi juga memiliki akun Twitter @Jokowi_do2. Akun tersebut dikelola oleh mantan anggota tim kampanyenya. Namun, saat ini, @Jokowi_do2 sudah digembok. Kembali aktif di media sosial merupakan salah satu cara Jokowi mendekatkan diri kepada rakyat secara langsung. Selengkapnya di Rappler.com. 

PDI-P pecat kader yang tertangkap OTT KPK

Pimpinan KPK menggelar konferensi pers terkait operasi tangkap tangan anggota DPRD dan pejabat pemda Kabupaten Musi Banyuasin, Sabtu, 20 Juni 2015. Foto oleh Febriana Firdaus/Rappler

Setelah seorang kadernya tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, Jumat malam, 19 Juni, fraksi PDI-P Perjuangan Kabupaten Musi Banyuasin memecat anggotanya, Bambang Karyanto, dalam kasus dugaan suap. “Kejadian yang menimpa saudara Bambang Karyanto telah melanggar AD/ART, melakukan perbuatan yang mencederai citra partai, maka yang bersangkutan terkena sanksi pemecatan seketika,” kata Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI-P Komarudin Watubun, Minggu, seperti dikutip Kompas.com.

Sebelumnya, KPK menangkap Bambang dan Adam Munandar dari Partai Gerindra bersama dua pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin.  

Tak dapat lahan, ratusan PKL hancurkan kantor Lenggang Jakarta di Monas

Ratusan pedagang kaki lima merusak kantor pengelola pusat jajanan Lenggang Jakarta di Monas, Sabtu malam. Menurut Kepala Tim Pengelola Lenggang Jakarta Marjali, sekitar 150 orang menghancurkan kantor, merusak tiga televisi di tempat makan, dan kamera CCTV. Sebelumnya, pada 26 Mei 2015, perwakilan pedagang dari Asosiasi Pedagang Kali Lima Indonesia menggelar unjuk rasa di Balai Kota, memprotes karena tak memperoleh kios di Lenggang Jakarta dan tidak bisa lagi berjualan di kawasan Monas.

Lenggang Jakarta adalah program terbaru Pemprov DKI Jakarta untuk menata pedagang di Monas yang diluncurkan pada 22 Mei 2015. Tempat makan ini hanya mengakomodasi kios yang menerima pembayaran melalui uang elektronik. Selengkapnya di Tempo.co. 

Film ‘Siti’ dapat 2 penghargaan di Festival Film Internasional Shanghai

 

Film ‘Siti’ meraih dua penghargaan terbaik dalam ajang Festival Film Internasional Shanghai, Tiongkok, yang digelar pada 13-21 Juni 2015. Film karya sutradara Eddie Cahyono mendapatkan penghargaan sebagai film dengan sinematografi terbaik dan naskah terbaik. Film berdurasi 90 menit mengisahkan perjuangan hidup seorang istri setelah sang suami mengalami kecelakaan dan lumpuh, di mana ia harus mengurus ibu mertua dan keluarganya. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!