FOTO: Peringatan 70 tahun jatuhnya bom atom di Hiroshima

Rappler.com, Agence France-Presse

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

FOTO: Peringatan 70 tahun jatuhnya bom atom di Hiroshima

EPA

Selain para korban dan keluarga, Perdana Menteri Shinzo Abe yang didampingi Duta Besar Amerika untuk Jepang Caroline Kennedy juga hadir.

HIROSHIMA, Jepang—Sepuluh ribu orang berkumpul di Hiroshima Kamis pagi , 6 Agustus,  memperingati 70 tahun jatuhnya bom atom di kota tersebut.

Suara lonceng bergema di udara pada pukul 8.15 pagi waktu setempat dan seketika suasana menjadi hening. Pada jam itu, 70 tahun yang lalu, sebuah bom atom jatuh dan membunuh ribuan orang seketika, sisanya mati dengan perlahan karena menderita luka berat. 

Rangkaian bunga berjajar menghiasi lokasi peringatan di Peace Memorial Park. Dalam acara peringatan itu, mereka yang berhasil bertahan dari tragedi bom tersebut juga hadir, termasuk delegasi yang memakili 100 negara. Selain korban dan keluarga, Perdana Menteri Shinzo Abe yang didampingi duta besar Amerika untuk Jepang Caroline Kennedy, serta pejabat militer Rose Gottemoeller juga hadir. 

“Sebagai satu-satunya negara yang pernah diserang oleh bom atom, kami memiliki misi untuk menciptakan dunia tanpa senjata nuklir,” kata Abe seperti dikutip dari AFP. 

“Kami diberikan mandat untuk menyampaikan bahaya senjata nuklir lintas generasi dan lintas perbatasan.”  

Berikut foto-foto yang diambil oleh Kiyoshi Ota dari EPA Bunga untuk mengenang para korban jatuhnya bom atom di Hiroshima, Jepang

Seorang perempuan berdoa khusyuk untuk para korban jatuhnya bom atom Hiroshima 70 tahun yang lalu
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe saat memberi hormat dan menaruh karang bunga di monumen peringatan jatuhnya bom atom di Hiroshima
Warga sekitar berdoa untuk korban jatuhnya bom atom di Hiroshima 70 tahun yang lalu
Seorang gadis cilik ikut berdoa bersama orang tuanya untuk korban jatuhnya bom atom di Hiroshima, Jepang
—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI
Download the Rappler App!