LINE, Lenovo ikut memanfaatkan popularitas ‘AADC 2’

Aditya Hadi Pratama

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

LINE, Lenovo ikut memanfaatkan popularitas ‘AADC 2’
7 perusahaan teknologi yang menjadi mitra film ‘AADC’ beserta aktivitas mereka

Walau dirilis 14 tahun yang lalu, kisah cinta antara Cinta dan Rangga dalam film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) ternyata masih tersimpan dengan baik dalam ingatan banyak masyarakat Indonesia. Menyadari hal itu, Mira Lesmana dan Riri Riza yang merupakan produser film tersebut akhirnya memutuskan untuk membuat sekuel yang berjudul Ada Apa Dengan Cinta? 2 (AADC 2).

Uniknya, sekuel yang telah dinanti-nantikan oleh para penggemarnya ini ternyata dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan teknologi. Mereka berbondong-bondong menjalin kerja sama dengan Miles Film, selaku pembuat AADC 2, agar bisa membuat berbagai promo, kegiatan, dan menjual produk dengan menggunakan nama AADC 2.

1. LINE

Livecast bersama para pemeran AADC 2 yang diadakan lewat LINE

Pada November 2014, aplikasi chatting LINE membuat iklan untuk fitur Find Alumniyang mereka miliki. Iklan tersebut kemudian menjadi viral, karena menampilkan kisah reuni antara Cinta dan Rangga di Jakarta. Iklan yang berbentuk video singkat itu sukses menembus angka satu juta view dalam waktu kurang dari 24 jam.

Antusiasme yang luar biasa terhadap iklan itu kemudian membuat Mira Lesmana sebagai produser film AADC akhirnya tertarik untuk membuat sebuah sekuel. Sekitar Maret 2015, Mira pun mengumumkan rencana pembuatan film AADC 2 lewat akun Twitter miliknya.

Seperti tak lupa dengan “jasa” LINE, Mira pun akhirnya mengizinkan LINE untuk menjadi sponsor film tersebut. Selain membuat sticker dengan foto wajah para pemeran film AADC 2, LINE juga membuat sesi tanya jawab secara langsung (livecast) bersama para pemeran film tersebut pada 23 April 2016 lalu.

2. Lenovo

Perusahaan teknologi asal Tiongkok yang baru saja “ditendang” dari daftar produsen smartphone terpopuler di dunia ini juga menjadi sponsor AADC 2. Mereka memanfaatkannya untuk membuat berbagai kuis menarik, seperti kontes berhadiah paket wisata ke New York yang bisa diikuti dengan cara membeli produk-produk Lenovo. Selain itu, mereka juga menggelar tantangan membuat poster AADC 2 versi kamu dan pasangan.

Kalau kamu sudah menonton filmnya, kamu juga akan melihat Lenove tampil sebagai “cameo” di salah satu adegannya. Begitu pun dengan LINE.

3. Telkomsel

Dengan menjadi sponsor dari fim AADC 2, Telkomsel membuat kontes untuk produk simPATI mereka. Dalam kontes yang berakhir 10 April 2016 lalu, kamu diminta menebak akhir cerita AADC 2.

Salah satu operator telekomunikasi terbesar di Indonesia ini pun menyiapkan beberapa konten khusus film AADC 2, seperti cerita di balik pembuatan soundtrack AADC 2, agar bisa dinikmati oleh para pelanggan mereka.

Berbeda dengan Lenovo yang hanya membuat kuis, Telkomsel juga memanfaatkan kerja sama mereka dengan AADC 2 untuk membuat acara nonton bareng, serta meet & greet dengan para pemeran AADC 2 di beberapa kota.

4 – 6. Fuji Film, Layaria, dan Storial

Sebagai salah satu sponsor film AADC 2, perusahaan kamera Fuji Film ikut mendukung kompetisi Fan Fiction (Fanfic) yang berhadiah kamera Instax, t-shirt, dan poster film tersebut. Dalam kompetisi ini, kamu diminta menceritakan apa yang terjadi pada tokoh-tokoh film AADC, sejak Cinta dan Rangga berpisah 14 tahun yang lalu.

Kamu bisa mengirimkan karya berupa video, komik, novel mini, seri foto, maupun GIF. Khusus untuk karya berupa video, kamu hanya bisa mengirimkan karya lewat situs Layaria. Sedangkan untuk fanfic berupa cerita harus dikirimkan lewat platform tulis menulis Storial. Kontes ini telah ditutup pada 14 April 2016 silam.

7. Printerous

Printerous adalah sebuah startup yang menyediakan layanan cetak di berbagai bentuk produk seperti t-shirt, bantal, hingga case smartphone secara online. Situs ini akhirnya berhasil menjadi partner resmi film AADC 2, dan berhak menjual berbagai merchandise resmi film tersebut.

Ada 10 jenis produk yang mereka sediakan, yaitu, tote bag, case iPhone, case iPad, caseSamsung, throw pillow, notebook, “kulit” MacBook, t-shirt, poster, dan mug. Kamu bisa membeli produk-produk itu di tautan berikut.

Langkah beberapa perusahaan teknologi ini sebenarnya bukan yang pertama kali dilakukan. Sebelumnya, Lenovo bersama Intel pernah bekerja sama dengan pembuat film Filosofi Kopi. Perusahaan smartphone Huawei juga pernah menjadi sponsor untuk film Batman vs Superman. —Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di Tech in Asia.

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!