Anak Gunung Rinjani meletus

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Anak Gunung Rinjani meletus

ANTARA FOTO

Abu vulkanik bisa mencapai Kota Mataram.

JAKARTA, Indonesia – Gunung Barujari, Anak Gunung Rinjani, yang terletak di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, meletus pada Selasa, 27 September 2016.

Letusan terjadi sekitar pukul 14.45 WITA. Letusan melontarkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter dan puncak Gunung Barujari. Abu bergerak ke arah arah Barat Daya.

“Aktivitas vulkanik Gunung Barujari meningkat dengan amplitudo 52 milimeter,” demikian keterangan tertulis dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam situs resmi mereka, Selasa 27 September 2016.

BPNB menghimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan mereka. Sebab abu vulkani diperkirakan bisa mencapai Kota Mataram dan berpotensi mempengaruhi aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Lombok.

Saat ini BNPB telah memerintahkan BPBD Provinsi NTB, BPBD Kabupaten Lombok Tengah, BPBD Kabupaten Lombok Timur, dan BPBD Kabupaten Lombok Utara untuk mengantisipasi kondisi terburuk.

Untuk stok masker, BPBD Provinsi NTB menyimpan 55.000 lembar dan di Dinas Kesehatan menyimpan 250.000 lembar masker.–Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!