Berita hari ini: Kamis, 24 November 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Kamis, 24 November 2016
Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Kamis, 24 November 2016.

Polri belum terima informasi demo 25 November

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Rikwanto mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima informasi mengenai adanya aksi demo pada 25 November.  

“Sampai saat ini belum ada pemberitahuan kalau besok akan ada demo. Jadi apabila ada pihak tertentu yang demo tanpa pemberitahuan itu bisa kita bubarkan,” kata Rikwanto kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis 24 November 2016.

Kombes Rikwanto mengatakan aksi unjuk rasa yang tanpa disertai pemberitahuan bisa ditindak tegas oleh aparat. Pemberitahuan aksi unjuk rasa minimal diterima polisi sepekan sebelumnya. Bara berita selengkapnya di sini.

MUI akan keluarkan fatwa tentang solat Jumat di ruas jalan

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin menyampaikan sikap Dewan Pertimbangan MUI terkait kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purmana atau Ahok di Jakarta, Rabu (9/11). Foto oleh Puspa Perwitasari/ANTARA

Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan mengeluarkan fatwa tentang hukum solat Jumat di jalan raya yang akan digelar dalam aksi unjuk rasa pada 2 Desember.

“Lagi dibahas fatwanya. Fatwa itu harus dibahas dulu,” kata Ketua MUI Ma’ruf Amin kepada wartawan usai mengikuti Rakernas II MUI di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Rabu malam, 23 November.

Seperti diberitakan sebelumnya aksi unjuk rasa akan digelar Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI pada 2 Desember. Agenda unjuk rasa antara lain menggelar solat Jumat di sepanjang jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin. Baca berita selengkapnya di sini.

Meski dilarang, GNPF MUI tetap akan gelar aksi demo 2 Desember

Pembina GNPF-MUI Rizieq Shihab memberi keterangan pers di Jakarta, Sabtu (5/11). Keterangan pers tersebut untuk menanggapi kericuhan yang terjadi pada saat unjuk rasa 4 November. Foto oleh Puspa Perwitasari/ANTARA

Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah melarang aksi demo pada 2 Desember mendatang. Namun Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF MUI) tetap nekat menggelar aksi demo tersebut.

“Alhamdulillah persiapan sedang ditingkatkan karena insya Allah massa dua kali lipat dari kemarin,” kata perwakilan GNPF MUI selaligus Sekjen Front Pembela Islam (FPI) Novel Bamukmin.

Novel menjamin aksi demo pada 2 Desember akan berjalan seperti yang telah direncanakan meskipun ada tentangan dari Kapolri dan sejumlah pihak. “Tidak terpengaruh atas penggembosan dari Kapolri,” katanya. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!