Aksi 2 Desember: Warga Jakarta sebaiknya menghindari 5 wilayah ini

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Aksi 2 Desember: Warga Jakarta sebaiknya menghindari 5 wilayah ini
Puluhan, bahkan mungkin ratusan, ribu orang akan berunjuk rasa besok

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) – Puluhan ribu pengunjuk rasa diperkirakan akan tumplek-blek di Lapangan Monas pada Jumat, 2 Desember nanti. Rencananya mereka akan menggelar zikir, doa bersama, serta salat Jumat.

Aksi yang dimotori oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF MUI) untuk menuntut agar Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama segera ditahan.

Ahok saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penodaan agama. Ia dianggap terbukti melakukan penodaan agama melalui ucapannya tentang Surat Al Maidah ayat 51 saat berkunjung ke Kepulauan Seribu pada 27 September.

Bareskrim Mabes Polri pada pagi tadi telah menyerahkan Ahok beserta barang bukti ke Kejaksaan. Namun massa yang terdiri dari berbagai ormas Islam ini tetap menuntut Ahok langsung ditahan.

Mereka akan datang dari berbagai daerah dan beberapa di antaranya bahan sudah mulai bergerak. Polisi pun sudah mengantisipasi kedatangan mereka, di antaranya dengan menyiapkan kantong-kantong parkir.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan pihaknya telah menyiapkan 5 lahan parkir untuk para pengunjuk rasa. Kelima kantong parkir tersebut berada di parkiran Masjid Istiqlal, Parkir Timur Senayan, IRTI Monas, parkiran Lapangan Banteng, dan parkiran arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran.

“Kami mengimbau kepada peserta aksi untuk memarkirkan kendarannya di kantong parkir yang sudah kami siapkan,” kata Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, Kamis 1 Desember 2016.

Ia juga meminta warga yang tidak ikut berunjuk rasa menghindari kelima daerah tersebut karena kemungkinan akan terjadi penumpukkan kendaraan yang berimbas pada kemacetan panjang. 

Massa yang menunaikan salat Jumat bisa menarik garis dari Monas ke Menara Radio Republik Indonesia (RRI) untuk menentukan arah kabah.

Pengalihan arus lalu lintas 

Selain meminta warga DKI menghindari 5 area yang dijadikan lahan parkir, kepolisian juga melakukan pengalihan arus lalu lintas. Tujuannya, agar tidak terjadi kemacetan di jalan-jalan protokol. 

Berikut beberapa jalan yang dialihkan oleh kepolisian dan arah kedatangan massa aksi Bela Islam jilid ketiga: 

—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!