Berita hari ini: Kamis, 29 Desember 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Kamis, 29 Desember 2016

ANTARA FOTO

Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Kamis, 29 Desember 2016.

Anggota DPRD Jakarta Sanusi divonis 7 tahun dalam kasus reklamasi

 

Mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi divonis 7 tahun penjara ditambah denda Rp250 juta subsider dua bulan kurungan, pada Kamis, 29 Desember.

Sanusi terbukti bersalah karena menerima suap Rp2 miliar dari Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja dalam kasus rancangan peraturan daerah (raperda) terkait reklamasi di teluk utara Jakarta. Ia juga terbukti bersalah melakukan pencucian uang.

“Menyatakan terdakwa Mohamad Sanusi terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dan berlanjut sebagaimana dakwaan kesatu pertama dan pencucian uang sebagaimana dakwaan kedua,” kata Ketua Majelis Hakim Sumpeno dalam sidang pembacaan vonis di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, pada Kamis. Selengkapnya di sini.

Transjakarta tambah 200 bus pada malam tahun baru

Bus Transjakarta melaju di jalur khusus, di Jakarta, Rabu (30/11). Foto oleh Reno Esnir/ANTARA

PT Transjakarta akan mengoperasikan 200 bus tambahan pada malam tahun baru 2017. Penambahan unit bus untuk mengakomodir warga Jakarta yang diperkirakan akan menuju tempat-tempat rekreasi.  

“Biasanya malam itu kami operasikan (bus tambahan) 50 unit, malam tahun baru nanti akan ada 200 unit,” kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono pada Kamis, 29 Desember 2016. 

Budi berharap tambahan 200 unit bus tersebut bisa mengakomodasi kebutuhan transportasi warga yang ingin bepergian pada malam tahun baru. Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Presiden Jokowi bantah ada perombakan kabinet lagi

Presiden Joko Widodo berdiskusi dengan Wapres Jusuf Kalla sebelum memimpin Rapat Terbatas membahas evaluasi kunjungan kerja Iran-India serta keanggotaan RI di organisasi luar negeri di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (22/12). Foto oleh Yudhi Mahatma/ANTARA

Presiden Joko “Jokowi” Widodo membantah kabar yang menyebutkan dirinya akan melakukan perombakan kabinet lagi.   

“Enggak ada,” kata Presiden Jokowi di proyek pembangunan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis 29 Desember 2016. 

Wakil Presiden Jusuf Kalla juga membantah rumor reshuffle ini. “Namanya rumor. Belum direncanakan,” kata Jusuf Kalla. Berita selengkapnya baca di sini.

Tebusan ‘tax amnesty’ periode dua tak sebesar yang pertama

Sejumlah orang berbincang di dekat tulisan Amnesti Pajak di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta pada Selasa, 30 Agustus. Ditjen Pajak telah mengeluarkan Perdirjen Pajak Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengaturan Lebih Lanjut Mengenai Pelaksanaan UU Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak, dimana aturan ini menjawab keresahan masyarakat pada program amnesti pajak yang dianggap tak tepat sasaran dan hanya menguntungkan segelintir orang. Foto oleh Antara/Widodo S. Jusuf/kye/16.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pencapaian uang tebusan pada periode dua amnesti pajak (tax amnesty) tidak terlalu besar seperti realisasi periode satu yang sempat mencapai kisaran Rp97,2 triliun.

“Memang dari sisi tebusan tidak spektakuler seperti yang pertama,” kata Sri, pada Rabu, 28 Desember.

Menurutnya, salah satu penyebab realisasi uang tebusan itu turun karena sebagian wajib pajak besar yang di antaranya pengusaha, telah mengikuti pengampunan pajak pada periode satu.

“Jadi wajib pajak besar yang setorannya hingga ratusan dan miliaran relatif semua sudah masuk,” katanya.

Hingga 28 Desember 2016, realisasi uang tebusan berdasarkan penerimaan Surat Setoran Pajak baru mencapai Rp105 triliun, atau hanya naik sekitar Rp7,8 triliun dari pencapaian uang tebusan pada akhir periode satu sebesar Rp97,2 triliun. Selengkapnya di sini.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!