Kupang bangun enam rumah ibadah di satu lokasi

Jose

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kupang bangun enam rumah ibadah di satu lokasi
"Jangan menjadikan agama lain sebagai musuh, tapi mari sama-sama perangi kemiskinan."

KUPANG, Indonesia — Banyak cara untuk memupuk sikap toleransi antar umat beragama, salah satunya dengan mendirikan beberapa tempat ibadah di satu lokasi.

Hal inilah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), saat menggandeng enam pemeluk agama untuk membangun rumah ibadah di Oelamasi atau yang disebut dengan Kampung Toleransi.

Di tempat ini akan dibangun tempat ibadah untuk umat Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu. 

“Kami sudah melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan rumah ibadah di lokasi tersebut,” kata Bupati Kupang Ayub Titu Eki kepada Rappler, Selasa, 10 Januari 2016.

Pemerintah Kabupaten Kupang, Ayub Titu melanjutkan, menyediakan lahan seluas 4 hektare untuk pembangunan keenam tempat ibadah tersebut. Sedangkan bangunannya akan didirikan oleh pemeluk agama masing-masing.

Ayub Titu berharap pembangunan tempat ibadah bagi enam pemeluk agama di satu lokasi ini bisa mempererat kerukunan antarumat beragama di NTT. “Daerah ini diharapkan tidak terlibat dengan masalah intoleran yang terjadi di daerah lain,” katanya.

Kerukunan antarumat bergama, Ayub Titu melanjutkan, akan membuat masyarakat tidak gampang terprovokasi isu-isu yang dihembuskan kelompok intoleran. “Kami berharap dengan adanya rumah ibadah di satu lokasi bisa saling menghargai, dan menjaga kenyamanan beragama,” ujarnya.

Bupati Ayub Titu juga mengajak umat beragama di daerahnya untuk menjadikan masalah kemiskinan sebagai musuh bersama. “Jangan menjadikan agama lain sebagai musuh, tapi mari sama- sama perangi kemiskinan yang masih bergelut di daerah ini,” katanya. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!