Menteri LHK Siti Nurbaya: Indonesia berkomitmen membersihkan laut dari sampah

Uni Lubis

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Menteri LHK Siti Nurbaya: Indonesia berkomitmen membersihkan laut dari sampah

ANTARA

Wawancara dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar

BANJARMASIN, Indonesia — Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar meresmikan dimulainya peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017 di Banjarmasin, Kalimatan Selatan, pada Sabtu, 18 Februari 2017. 

Hari Peduli Sampah Nasional yang digelar di Banjarmasin ditandai dengan pengukuhan pemangku sungai, peresmian 600 siswa-siswi SD dan SMP untuk Duta Babarasih, dan pengukuhan Duta Konservasi dan Duta Penyelamatan Satwa Bekantan.

Hari Peduli Sampah Nasional yang akan jatuh pada Selasa, 21 Februari, diperingati untuk mengingat tragedi longsornya tumpukan sampah di TPA Leuwigajah, Jawa Barat, yang terjadi pada 21 Februari 2005. 

Longsor tersebut diduga terjadi akibat tingginya curah hujan serta ledakan gas metana yang terperangkap dalam timbunan sampah. Lebih dari 150 orang menjadi korban longsoran gunungan sampah tersebut, dan mayoritas korbannya adalah penduduk di sekitar TPA yang bekerja sebagai pemulung.

“Indonesia juga akan menjadi satu dari 10 negara yang berkomitmen membersihkan lautnya dari sampah,” kata Siti.  

Dia mengapresiasi kebijakan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina yang melibatkan pelajar dan masyarakat dalam program menjaga kebersihan kota dan sungai. 

“Membersihkan sungai satu rangkaian dengan membersihkan laut dari sampah,” kata Siti.

Selain memberikan dukungan terhadap Bank Sampah di Banjarmasin yang sudah mencapai 299 tempat, Siti juga menggarisbawahi perlunya perlindungan terhadap satwa liar dan  satwa yang dilindungi. 

Saksikan wawancara Rappler Indonesia dengan Menteri Siti Nurbaya usai rangkaian acara Hari Peduli Sampah Nasional di atas. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!