Yang bisa kamu lakukan jika temanmu punya kecenderungan bunuh diri

Dzikra Fanada

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Yang bisa kamu lakukan jika temanmu punya kecenderungan bunuh diri
Bertanyalah dan dengarkan. Luangkan waktu buat mereka. Tapi jangan menceramahi apalagi menantang

JAKARTA, Indonesia — Apakah kamu mengenal seseorang yang memiliki tendensi untuk melakukan bunuh diri? Apakah kamu tidak tahu bagaimana cara membantunya?

Pendiri komunitas pencegahan bunuh diri Into The Light, Benny Prawira, mengatakan, di Indonesia masih kurang pengetahuan mengenai bunuh diri, mulai dari penyebabnya, gejala, hingga penanganannya. Bahkan orang-orang yang berada di sekitarnya pun menjadi bingung.

Dalam wawancara dengan Rappler, Benny membagikan beberapa kiat yang dapat kita lakukan jika ada teman atau anggota keluarga kita yang memiliki kecenderungan untuk melakukan bunuh diri.

Jangan terlalu menunjukkan rasa khawatir

Mereka yang ingin atau bahkan sudah melakukan percobaan bunuh diri memiliki kecenderungan berpikir yang tidak stabil. Ada perasaan bahwa mereka merupakan beban untuk banyak hal.

Jika kita menunjukkan rasa khawatir yang terlalu berlebih, maka mereka akan merasa bahwa mereka juga beban untuk kita.

Cobalah untuk memberikan rasa perhatian yang sama dan bersikap biasa saja, layaknya jika ada teman kita yang sedang sakit. 

Bertanya

Coba bertanya mengenai sejak kapan mereka berencana untuk bunuh diri, masalah apa yang sedang hadapi dan pertanyaan lainnya yang tidak membuat mereka tersudut.

Dengarkan

Kebanyakan dari kita akan memberikan ceramah kepada mereka yang memiliki niat untuk bunuh diri. Hal itu sebaiknya tidak dilakukan karena kondisi psikologis mereka yang sedang terguncang. 

Lebih baik mendengarkan keluh kesah mereka hingga pemikiran bunuh diri bisa ada dalam pikirannya. Coba bertanya mengenai sejak kapan mereka berencana untuk bunuh diri, masalah apa yang sedang hadapi dan pertanyaan lainnya yang tidak membuat mereka tersudut.

Ketika mereka menjawab, cobalah untuk menahan ekspresi yang berlebihan. Dengarkan mereka selayaknya teman yang sedang mencurahkan isi hatinya. 

Jangan tinggalkan sendirian

Luangkanlah banyak waktu untuk mereka. Jangan biarkan mereka sendiri dengan kodisi yang belum stabil. 

Jika dirasa sulit, coba pula minta bantuan dengan orang terdekat lainnya. Bisa dari keluarga atau pun sahabat lainnya. Ajak mereka ke tempat-tempat yang sekiranya bisa menenangkan pikiran.

Cobalah selalu ada secara fisik dan emosional hingga pemikiran bunuh diri yang mereka simpan hilang.

Jangan menantang

Banyak kejadian bunuh diri saat ini karena mereka ditantang untuk melakukannya. Jangan pernah coba-coba untuk menantang mereka yang memiliki keinginan untuk bunuh diri. Meskipun kita berpikir kalau jika mereka ditantang, maka mereka akan berhenti.

Nyatanya, tantangan tersebut malah akan memicu mereka untuk membulatkan niatnya. Ingatlah bahwa mereka tidak dalam kondisi emosi dan jiwa yang stabil. Maka kita juga sebaiknya mencoba untuk mengontrol diri saat bersikap kepada mereka. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI
Download the Rappler App!