Setelah 3 tahun vakum, ‘Indonesian Idol’ kembali hadir

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Setelah 3 tahun vakum, ‘Indonesian Idol’ kembali hadir
‘Indonesian Idol’ musim ke-9 akan diwarnai oleh kehadiran Armand Maulana, Ari Lasso, Maia Estianty, Bunga Citra Lestari, dan Judika sebagai dewan juri

JAKARTA, Indonesia — Ajang pencarian bakat Indonesian Idol kembali hadir untuk musim ke-9 tahun ini, setelah tiga tahun vakum. Kontes ini kembali hadir sebagai salah satu wadah masyarakat dengan potensi sebagai penyanyi yang selama ini tidak memiliki akses untuk meniti karier di dunia musik.

“Kita memberikan wadah, memberikan kesempatan. Karena kita bisa lihat bahwa tidak semua orang yang punya kemampuan bernyanyi itu punya akses ke industri musik. Tapi kalau tv-tv membuat program seperti ini itu seperti ada jalannya,” ujar Programming and Production Director RCTI Dini Putri dalam konferensi pers di MNC Tower, Jakarta Barat, pada Senin, 9 Oktober.

Tahun ini Indonesian Idol menggelar audisi di 18 kota di Indonesia; Malang, Semarang, Purwokerto, Cirebon, Sukabumi, Kupang, Palembang, Padang, Manado, Makassar, Ambon, Banjarmasin, Balikpapan, Yogyakarta, Medan, Surabaya, Bandung, dan Jakarta.

Tak hanya menambah kota dan mengajak para artis menjadi agen di kota-kota tersebut, Indonesian Idol tahun ini mengajak lima nama besar di dunia musik Indonesia sebagai dewan juri yang akan memberikan penilaian pada setiap penampilan para finalis.

Mereka adalah Armand Maulana, Ari Lasso, Maia Estianty, dan penyanyi sekaligus lulusan Indonesian Idol 2005, Judika. Kelima orang ini dianggap memiliki kapabilitas dan kepribadian yang pantas untuk memberikan masukan bagi para calon bintang nantinya.

“Mencari juri untuk sebuah talent search di RCTI itu yang selalu saya tekankan adalah kapabilitas. Tidak bisa ditolerir,” tutur Dini.

Musisi Maia Estianty mengaku senang dapat menjadi bagian dari Indonesian Idol karena “Senang, yang pasti bangga. Merasa terpilih karena ini adalah ajang pencarian bakat yang sudah sangat lama dan namanya juga bagus,” kata Maia dalam kesempatan yang sama.

Perasaan serupa juga diungkapkan oleh Bunga Citra Lestari. Penyanyi yang memulai karir keartisannya dari dunia akting ini bangga bisa menjadi salah satu dewan juri bersama nama-nama besar lainnya. Ia mengaku cukup gugup karena sangat ingin tampil maksimal sebagai juri, dengan kapabilitas dan pengalaman yang dimilikinya, ibu dari Noah Sinclair ini pun yakin ia pasti bisa memberikan yang terbaik.

“Kenapa aku diajak di sini pasti ada pertimbangan dari yang punya acara. Dan aku merasa enggak perlu ribet mengikuti orang lain. Aku merasa mereka pilih aku karena aku, jadi aku harus menjadi diri aku,” katanya.

Sementara bagi Judika yang merupakan mantan kontestan Indonesian Idol, pengalaman ini membuat dirinya terharu.

“Perasaannya campur aduk. Gue terharu, gue bangga, senang karena gue mantan peserta di sini dan sekarang gue mencoba untuk sharing sama mereka supaya mereka bisa mencapai cita-citanya,” ujar runner-up Indonesian Idol 2005 tersebut.

Indonesian Idol Season 9 dapat disaksikan di stasiun televisi RCTI mulai 18 Desember mendatang. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!