Indonesia wRap: 25 Juni 2015

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 25 Juni 2015
Indonesia tambah 30 negara baru di daftar bebas visa, Abraham Samad kembali diperiksa Bareskrim, dan akankah Jokowi tolak dana aspirasi?

JAKARTA, Indonesia —Indonesia tambah 30 negara baru di daftar bebas visa, Abraham Samad kembali diperiksa Bareskrim, dan akankah Jokowi tolak dana aspirasi?

Akankah Jokowi, seperti SBY, tolak dana aspirasi?

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sudah mengesahkan usulan dana aspirasi masuk dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016 sebesar Rp 20 miliar per anggota per tahun, tapi lobi untuk menolaknya terus berlanjut. Partai Nasdem, Hanura, dan PDI-P melobi Presiden Joko “Jokowi” Widodo untuk menolaknya.

Meski belum ada keterangan resmi dari Jokowi, namun Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengatakan secara pribadi sebenarnya Jokowi menolak dana aspirasi, namun tetap menghormati hak anggota DPR. “Beliau secara pribadi, kalau beliau jadi anggota DPR beliau pasti beliau termasuk yang menolak dana asprasi itu. Tapi karena beliau memahami DPR juga mempunyai hak budget, kalau DPR memutuskan demikian beliau menghormati,” kata Yuddy. Selengkapnya di Rappler.com. 

Abraham Samad diperiksa Bareskrim perihal Rumah Kaca

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi non-aktif Abraham Samad kembali diperiksa Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri, Rabu, 24 Juni. Samad kali ini diperiksa sebagai tersangka perkara dugaan penyalahgunaan wewenang saat menjadi ketua KPK. “Yang dipermasalahkan adalah pertemuan saya dengan Pak Jokowi di Yogya, itu kan kalian (wartawan) hadir semua, itu bukan pertemuan tertutup. Jadi ternyata tidak ada masalah,” kata Samad usai diperiksa. Apa yang terjadi saat itu? Selengkapnya di Rappler.com.

Indonesia tambah 30 negara baru di daftar bebas visa 

Pemerintah Indonesia akan menambahkan lagi 30 negara baru dalam daftar negara yang warganya bebas masuk ke Indonesia tanpa harus mengurus visa terlebih dahulu. “Tahun 2016, kami akan menambah 30 negara baru yang bisa masuk ke Indonesia bebas visa,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, seperti dikutip Antaranews.com.

Kebijakan tersebut diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.69 Tahun 2015 yang ditetapkan 9 Juni 2015. “Melalui Perpres itu Indonesia sudah membuat kebijakan bebas visa bagi 45 negara untuk datang ke Indonesia,” kata Arief. 

Orang utan dibakar untuk dimakan buat buka puasa

TERANCAM BAHAYA. Seekor orang utan bernama Atlas di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan, 3 September 2013. Foto oleh Barbara Walton/EPA

Jagat maya dihebohkan oleh status pengguna Facebook yang mengunggah foto orang utan setelah dibakar untuk dimakan saat berbuka puasa. Foto tersebut diunggah oleh pengguna dengan nama akun Polo Panitia Hari Kiamat. Dalam statusnya, ia menulis, “Dimasak gawe buka puasa.”

Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, telah berhasil mengidentifikasi pelaku dan akan segera dimintai keterangannya oleh Kepolisian Resort Kotawaringin Barat. Selengkapnya di Rappler.com.

Bertepatan dengan Idul Adha, Maroon 5 batal konser di Jakarta

Promotor konser Maroon 5 di Jakarta, Live Nation Indonesia, mengabarkan bahwa konser band yang digawangi Adam Levine itu batal. “Untuk menghormati perayaan keagamaan Idul Adha dan masyarakat, kami akan membatalkan konser Maroon 5 di Jakarta, pada 23 September 2015, di ICE, BSD, Tangerang, Indonesia,” demikian pernyataan Live Nation Indonesia.

Maroon 5 dijadwalkan konser di Indonesia Convention Exhibition (ICE), 23 September 2015. Idul Adha sendiri bertepatan pada 24 September 2015. Untuk kamu yang sudah beli tiketnya, pantau terus Maroon5Jakarta.com untuk pengembalian uang. —Rappler.com

Dapatkan wRap di emailmu

 
//

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!