Kenali motif batikmu dari apps Peta Batik

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kenali motif batikmu dari apps Peta Batik
Tak cuma mengenali motif batik, apps ini juga bisa menggambarkan kekerabatan batik di tanah air

JAKARTA, Indonesia — Darimana asal motif batik yang kamu kenakan hari ini? Menurut situs ini, setidaknya ada 5.849 motif batik dari Sabang sampai Merauke. 

Kalau kamu bingung membedakannya, jangan cepat menyerah dan asal pilih ketika belanja. Kamu bisa mengunduh aplikasi Peta Batik Indonesia yang menjelaskan asal usul motif batik di Indonesia. 

Aplikasi ini tersedia gratis bagi pengguna perangkat dengan sistem operasi Android dan iOS. Pengguna perangkat Android dapat mengunduhnya di sini. Sedangkan kamu pemakai perangkat IOS, aplikasi Peta Batik Indonesia dapat diunduh di sini

Komunitas Sobat Budaya dan lembaga penelitian Bandung Fe meluncurkan aplikasi Peta Batik Indonesia ini bertepatan dengan Hari Batik Nasional, 2 Oktober. 

Pemetaan batiknya dilakukan dengan mengombinasikan antara pendekatan matematika fraktal, ilmu komputasi warna dan kajian biologi evolusioner. Hasilnya, pengguna selain bisa belajar mengenali batik, bisa juga meningkatkan rasa cinta terhadap warisan budaya Indonesia ini. 

Tidak cuma mengenali daerah asal batiknya, pengguna juga bisa melihat hubungan antara motif batik dari satu daerah dengan daerah lainnya. Menurut Bandung FE dan Sobat Budaya, pengetahuan ini akan membuat identifikasi motif batik yang belum jelas daerah asalnya menjadi lebih mudah. 

Selain masyarakat biasa, sejarahwan juga dapat memanfaatkan aplikasi Peta Batik Indonesia untuk memahami evolusi dan perkembangan batik di Indonesia.  — Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!