Palarong Pambansa

Nomor urut cagub-cawagub Pilkada Banten 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Nomor urut cagub-cawagub Pilkada Banten 2017

ANTARA FOTO

Wahidin Halim-Andika Hazrumy mendapatkan nomor urut satu, sedangkan Rano Karno-Embay Mulya Syarif dapat nomor dua

JAKARTA, Indonesia — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banten melakukan pengundian nomor urut calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 di daerah tersebut, pada Selasa, 25 Oktober.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Wahidin Halim-Andika Hazrumy mendapatkan nomor urut satu. Wahidin-Andika didukung oleh 7 partai dengan total kursi sebanyak 57. Ketujuh partai tersebut adalah Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PKS, PKB, Partai Hanura, dan Partai Amanat Nasional.

Sedangkan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif mendapatkan nomor urut dua. Rano Karno merupakan gubernur petahana, yang naik jabatan setelah gubernur sebelumnya, Ratu Atut Chosiyah, dipenjara dalam kasus korupsi.

Pasangan Rano-Embay diusung oleh 3 partai, yaitu PDIP, PPP, dan Partai Nasdem.

Proses pengambilan nomor urut

Pengundian nomor urut calon dimulai dengan pengambilan nomor oleh masing-masing calon gubernur dan wakil gubernur untuk menentukan siapa pasangan calon yang paling pertama untuk mengambil nomor urut. 

Penentuan pengambilan nomor urut ditentukan berdasarkan jumlah nilai yang digabungkan dari pengambilan nomor oleh calon gubernur dan calon wakil gubernur.

Pasangan calon gubernur yang pertama kali mengambil nomor urut adalah Rano-Embay karena mendapatkan jumlah nomor undian 11. Dilanjutkan pengambilan nomor urut oleh pasangan Wahidin-Andika yang mendapatkan nomor gabungan untuk mengambil nomor undian 5.

Kemudian, dua pasangan calon gubernur tersebut setelah mengambil nomor urut yang dimasukan dalam bentuk tabung, dibuka secara bersama-sama setelah dipandu oleh pihak KPUD Banten. 

Pengundian nomor urut pasangan calon tersebut dihadiri ratusan pendukung dua pasangan calon, baik yang berada di dalam hotel dan sebagian besar di luar hotel.

Teriakan dan yel-yel dari para pendukung dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur meramaikan pengundian nomor urut calon tersebut.

Usai dibacakan berita acara hasil rapat pleno pengundian nomor urut, dilangsungkan pemasangan nomor urut secara simbolis dalam kertas suara yang nantinya akan dicetak oleh KPUD Banten.

Setelah pengundian nomor urut calon, KPUD Banten menjadwalkan pelaksanaan deklarasi kampanye damai yang akan dilangsungkan pada Jumat, 28 Oktober, dimulai dari Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), dilanjutkan dengan mengelilingi Kota Serang. —Antara/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!