Indonesia

5 hal tentang Bangtan Boys yang harus kamu tahu

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal tentang Bangtan Boys yang harus kamu tahu
Buat kamu yang masih ingin tahu lebih dalam soal Jung Kook Cs, ini beberapa fakta yang harus disimak

JAKARTA, Indonesia – Boyband beken asal Korea Selatan, Bangtan Boys (BTS), akan menggelar konser perdana mereka di Jakarta pada 29 April mendatang. Sebelumnya, saat mendatangi Indonesia pada 2015 lalu, mereka hanya melakukan jumpa fans dan mini konser untuk para A.R.M.Y, sebutan untuk penggemar BTS.

Kepopuleran BTS yang digawangi 7 pria tampan ini tak dapat dipungkiri lagi. Namun, buat kamu yang masih ingin tahu lebih dalam soal Jung Kook Cs, ini beberapa fakta yang kamu harus tahu:

Beranggotakan 7 orang

Sejak dibentuk pada 2013 lalu, Bangtan Sonyeondan memiliki 7 orang anggota tetap: Rap Monster (Kim Nam Joon), Jin (Kim Seok Jin), Suga (Min Yoon Gi), J-Hope (Jung Ho Seok), Jimin (Park Ji Min), V (Kim Tae Hyung) dan Jungkook (Jeon Jeong Guk).

Susunan resmi ini baru muncul saat debut mereka pada tahun 2013, kendati BTS sudah terbentuk sejak tahun 2010. Big Hit Entertainment terus menerus membongkar susun anggota BTS dan hanya Rap Monster yang tersisa dari susunan original tersebut.

Membuat lagu mereka sendiri

Kebanyakan lagu grup musik Korea Selatan ditulis oleh produser, namun BTS kerap kali terlibat langsung dalam pembuatan lagu-lagu mereka. Suga dan Rap Monster berpartisipasi membuat komposisi dan menulis lirik untuk lagu No More Dream dan N.O. Sementara J-Hope membantu anggota 2AM, Jo Kwon, dalam menulis lagu Animal.

Suga dan Rap Monster juga pernah merilis mixtape yang mengisahkan pergulatan pribadi mereka. Buat yang penasaran, mixtape Suga berjudul Agust D sementara Rap Monster merilis RM.

Oh, dan BTS tak segan mengkritik pemerintah ataupun kondisi sosial lewat lagu-lagu mereka, lho. Seperti di lagu Am I Wrong yang ditulis Suga, ia mengkritik situasi politik yang tengah panas lantaran skandal Presiden Park Geun Hye. Meski penampilan ini hanya sekali di panggung MBC Show! Music Core, namun fans dan situs gosip Korea Selatan langsung panas membicarakan penampilan ini.

Menyukai trilogi

Sadar atau tidak, album BTS seringkali terdiri dari 3 bagian. Seperti album awal mereka yang dikenal dengan trilogi Skool: 2Cool 4Skool, dilanjut dengan o!RUL,2? dan ditutup dengan Skool Luv Affair. Lalu, dilanjutkan dengan The Most Beautiful Moments in Life yang terdiri dari bagian 1, 2 dan ditutup dengan Epilogue.

Album-album ini memang disusun sesuai dengan fase perkembangan anggota BTS sendiri. Seperti perjuangan murid sekolah dalam hidup mereka sehari-hari di trilogi Skool, hingga beratnya menjadi remaja lewat trilogi kedua.

Saking jarangnya grup Korea Selatan yang memiliki ciri seperti ini, ada satu situs yang secara khusus “memecahkan” dan “menjelaskan” makna dari lagu-lagu BTS dari seri album tersebut.

Memiliki fans militan

Kegilaan fans grup musik Korea Selatan terhadap idolanya memang tak dapat diremehkan. Meski demikian, A.R.M.Y adalah satu yang terbesar dan menyumbang banyak dalam melejitkan karier BTS.

Video klip BTS yang baru dirilis dapat menembus angka puluhan juta tampilan di YouTube kendati belum dirilis sebulan. Mereka juga memecahkan rekor sebagai grup yang ditonton lebih dari 6,3 juta orang di YouTube kurang dari sehari.

Kepopuleran pria-pria tampan ini di media sosial juga menghadiahkan emoji khusus BTS di Twitter. Pada Mei dan Juni tahun lalu fans yang mengetik tagar BTS akan dibarengi logo rompi anti peluru, yang memang merupakan terjemahan nama Korea BTS. Sebagai informasi, mereka adalah grup K-pop pertama yang punya emoji khusus di Twitter.

(BACA JUGA: Bangtan Boys, boy band Korea yang paling banyak dibicarakan di Twitter)

Meledaknya basis penggemar BTS memang tak lepas dari usaha V dan kawan-kawan. Mereka bertujuh sangat aktif di media sosial, dan ramah tamah terhadap fans di seluruh dunia. Lewat akun @BTS_twt, mereka memanjakan mata A.R.M.Y dengan swafoto dan video menggiurkan.

Jimin mengatakan kalau para anggota memang sering berlomba siapa yang paling banyak mendapat retweet di Twitter. Tidak apa-apa, karena persaingan sehat ini membuat penggemar juga bahagia.

A.R.M.Y Indonesia juga tak dapat diremehkan, karena tiket ‘2017 BTS LIVE TRILOGY EPISODE III THE WINGS TOUR in Jakarta’ diberitakan sudah ludes di hari pertama penjualannya, yakni 4 April lalu.

Bukan besutan Big Three 

Kepopuleran BTS dapat dikatakan sebuah anomali, karena mereka tidak berasal dari Big Three, atau 3 agensi terpopuler Korea Selatan (YG Entertainment, SM Entertainment, dan JYP Entertainment). BTS dibentuk oleh agensi Big Hits Entertainment. Meski demikian, prestasi mereka melewati artis-artis besutan agensi tersebut.

Album terbaru mereka, Wings, menjadi album K-pop yang paling laku di Amerika Serikat pada tahun 2016. Penjualannya jauh melampaui 2NE1 dan EXO, yang masing-masing memegang predikat serupa pada 2014 dan 2015. 

Mereka pun terus melebarkan sayap dan virus A.R.M.Y ke seluruh dunia dengan koreagrafi dahsyat dan lagu enak didengar.

(BACA JUGA: SAKSIKAN: Video BTS menyapa ARMY Indonesia)

Jadi, apakah kalian siap semakin tergila-gila dengan BTS? –Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!