Duo Ferrari tercepat di FP2 GP China

Aswin Prasetyo

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Duo Ferrari tercepat di FP2 GP China
Kimi Raikkonen berhasil lampaui catatan rekor putaran tercepat FP2 GP China pada 2015. Rio Haryanto di posisi 19.

Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel tampil tercepat di FP2 GP China, pada 15 April 2016. Foto dari Twitter/@F1

JAKARTA, Indonesia — Dengan catatan waktu 1:36.896 detik, pembalap tim kuda jingkrak, Kimi Raikkonen, berhasil menempati posisi teratas pada sesi latihan kedua (Free Practice 2, atau FP2) Grand Prix (GP) China di Shanghai International Circuit, pada Jumat, 15 April.

Rekan satu timnya, Sebastian Vettel, tertinggal di posisi kedua dengan catatan waktu 0.109 detik lebih lamban.

Catatan waktu yang diukir oleh Raikkonen jauh lebih cepat dibandingkan catatan waktu FP2 GP China 2015 silam. Tahun lalu, Lewis Hamilton menjadi yang tercepat dengan catatan 1:37.219 detik.

Sang pembalap Finlandia tersebut juga menjadi yang pertama di akhir pekan ini untuk menembus batas catatan waktu di bawah 1:37.000 detik.

Nico Rosberg, yang pada sesi FP1 menjadi yang tercepat, harus mengakui kecepatan duo Ferrari di depannya. Rosberg hanya mampu menempati posisi ketiga tercepat, tertinggal 0.237 detik dari Raikkonen. 

Pembalap Jerman tersebut menunjukkan bahwa kompon ban super soft-nya langsung turun drastis daya lekatnya hanya setelah enam putaran, dan catatan waktunya menjadi dua detik lebih lamban setelahnya.

Sesi FP2 GP China lebih banyak dimanfaatkan oleh semua tim yang berlaga untuk melakukan simulasi balapan pada Minggu, 17 April. Para pembalap melakukan long stints untuk mengetahui kinerja mobil dan durabilitas kompon ban. 

Rio Haryanto dengan mobil MRT05 Manor Racing-nya turut melakukan strategi yang sama untuk persiapan balapan pada Minggu. Sayangnya, posisi akhir di FP2-nya sedikit lebih buruk dibandingkan FP1. 

Ia hanya berada di posisi ke-19, tertinggal 3.654 detik dari Raikkonen dengan catatan 1:40.550 detik. Namun Rio berhasil menjadi yang tercepat ke-8 di Speed Trap dengan kecepatan 329.7 km/h.

Masih penuh drama di FP2

Pembalap Haas F1 Team, Esteban Gutierrez, sempat menghadirkan drama di putaran pembuka FP2. 

Ia mengalami problem elektrikal di sistem pengereman brake-by-wire roda belakangnya yang berkaitan dengan motor generator unit-kinetic (MGU-K) dalam menghimpun tambahan daya tenaga. Masalah tersebut membuat kaliper rem kiri belakang VF-16 milik Gutierrez overheat dan terbakar mulai tikungan ke-12 hingga akhirnya ia kembali ke pit.

Pascal Wehrlein dari tim Manor Racing juga sempat mengalami permasalahan, meski tak terlalu parah. Bagian sisi kanan head-rest Wehrlein sempat longgar dan terlihat sedikit mengganggu kinerjanya saat melajukan mobil.

Kevin Magnussen tidak ikut serta pada sesi FP2 dikarenakan tim Renault masih menginvestigasi kerusakan yang diderita mobil RS16-nya di sesi FP1 sebelumnya. —Rappler.com 

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!