Pulang ke Indonesia, Kevin Lilliana langsung disambut ayam balado

Yetta Tondang

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Pulang ke Indonesia, Kevin Lilliana langsung disambut ayam balado
Usai menyandang gelar Miss International 2017, Kevin Lilliana kembali menginjakkan kaki di Tanah Air

JAKARTA, Indonesia —Masih terekam jelas di benak banyak masyarakat dan pageant lover Indonesia saat Kevin Lilliana mengenakan mahkota Miss International 2017 pada final yang berlangsung di Tokyo Dome City Hall 14 November lalu. Tangis haru Kevin pun langsung pecah saat nama Indonesia disebut sebagai pemenang.

Kini, dua pekan setelahnya akhirnya untuk kali pertama Kevin kembali ke Tanah Air. Hari ini pula, ia hadir di gelaran press conference didampingi Putri Kuswisnu Wardhani selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia  sekaligus Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk.

Kevin tampak anggun dengan mengenakan evening gown yang dikenakannya saat malam final. Gaun berwarna biru rancangan desainer Ivan Gunawan tersebut juga sekaligus mengantarkan Kevin meraih juara kategori Best Dresser di ajang yang sama.

Diakui perempuan kelahiran 5 Januari 1996 ini, ia merasa bangga bisa kembali ke Tanah Air dengan titel Miss International 2017. “Yang tadinya cuma bisa diedit-edit fotonya pura-pura pakai mahkota, sekarang bisa pakai mahkotanya beneran,” ujar Kevin yang ditemui saat press conference.

“Selamat karena sudah mengharumkan nama Yayasan Puteri Indonesia dan Indonesia. Indonesia ikut bangga atas kemenangan Kevin. Saya harap Kevin bisa menyuarakan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya” pesan Putri Kuswisnu Wardhani.

Melahap nasi

Kevin mengaku sebenarnya ia tiba di Jakarta sejak 23 November lalu. Tapi memang ia sengaja tidak banyak mengumbar informasi ketibaannya karena ingin fokus tampil di press conference.

“Saya pulang tanggal 23 November karena visa saya habis 22 November. Tanggal 23 tengah malam saya sampai. Cuma memang tidak diadakan homecoming seperti Ariska (Miss Grand International 2016) dulu karena pengin fokus di press conference. Saya di Jakarta dulu beberapa hari, pulang ke Bandung persiapan homecoming tapi belum pasti seperti apanya, tapi lagi dipersiapkan mungkin seperti parade gitu.”

FOTO BERSAMA. Kevin Lilliana diapit kedua orang tuanya bersama Puteri K. Wardhani, Ketua Yayasan Puteri Indonesia dan DR. BRA. Mooryati Soedibyo, pendiri Mustika Ratu saat press conference, Rabu, 29 November. Foto oleh Yetta Tondang/Rappler

Bisa menginjakkan kaki lagi di Tanah Air jadi hal yang disyukuri Kevin. Ia pun akhirnya bisa melepas kerinduan untuk menikmati ayam balado kesukaannya. “Pulang ke Tanah Air langsung minta ke Mama beli ayam balado. Sebelum pergi 4 bulan kan enggak makan nasi putih. Kemarin makan ayam balado, rela deh makan nasi putih,” ujar Kevin.

Karena tahu bahwa nasi putih adalah momok untuk perut rata dan tubuh yang proporsional, Kevin memang sudah tidak mengonsumsi nasi putih sejak 4 bulan sebelum berangkat ke Jepang. “Kalau bisa makan nasi merah pun dikurangi. Makannya seperti ubi gitu. Enggak susah sih. Karena lebih banyak makan protein dan tetap kenyang.”

Selama di Jepang, kata Kevin makanan yang dikonsumsinya pun selalu makanan sehat. “Karena di Jepang kan lebih banyak raw food gitu. Jadi sehat juga. Saya sering makan salad juga di sana. Sama minum teh hampir setiap hari untuk jaga stamina,” ungkapnya.

Momen kemenangan

Dua pekan memegang titel sebagai Miss International 2017, Kevin masih mengingat jelas saat-saat jelang ia disebut sebagai juara. “Ketika dipanggil kan sempat kepotong, dan mikir ini emang apa gimana? Di situ tegang tapi udah mau nangis juga. Ketika diterusin ‘Miss Indonesia!’ rasanya enggak kuat, lemas dan pengin duduk aja. Tapi kan enggak mungkin. Miss Jepang meluk dan bilang ‘You win’. Saya saking kagetnya takut enggak bisa kontrol muka makanya saya tutup terus muka saya pakai tangan.”

Kini Kevin pun terlihat cantik saat mengenakan mahkota Miss International. “Crown-nya enggak terlalu kerasa sakit karena ada bulu-bulu manja ini. Kalau crown putih karena lempengan itu kalau di kepala sakit lama-lama. Tapi kalau ini karena empuk dan lembut jadi enak-enak aja dipakainya.”

Meski belum menerima penugasan yang lebih detail sebagai Miss International, namun dalam waktu dekat Kevin menyebut bahwa ia masih disibukkan dengan agenda kunjungan ke sponsor-sponsor Miss International. Setelah itu, tugas membawa misi perdamaian dan kebudayaan pun menantinya.  

Ke depannya akan banyak kesempatan bicara di masyarakat Indonesia atau di luar negeri. Saya pengin belajar lebih banyak budaya mereka dan menyampaikan pada orang lain tentang pembelajaran yang saya dapat. Saya akan banyak menyuarakan soal indahnya perbedaan. Bahwa dunia ini indahnya karena perbedaan,” kata Kevin yang kini mengaku lebih hati-hati untuk bersikap dan bertingkah laku karena titel yang diembannya.

“Sekarang bawa nama Indonesia dan kalau saya salah langkah sedikit yang disalahkan bukan saya saja tapi juga Indonesia. Makanya ini salah satu tanggung jawab yang besar bagaimana saya bisa mengharumkan nama Indonesia di dunia.”

Selamat bertugas, Kevin!

BACA JUGA:

 

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!