Dari kabut asap di Riau hingga indeks persepsi korupsi

Rappler.com
Dari kabut asap di Riau hingga indeks persepsi korupsi

EPA

Indonesia wRap: 16 September 2015

JAKARTA, Indonesia —Kabut asap di Riau yang semakin berbahaya, Bandung terpuruk dalam indeks persepsi korupsi, hingga hasil pertandingan Liga Champions semalam.

1. Malaysia liburkan sekolah akibat asap, Pekanbaru tetap masuk

Gara-gara kabut asap yang kian pekat, pemerintah Malaysia, Selasa, 15 September, memutuskan untuk menutup sekolah di Kuala Lumpur dan sekitarnya. Kementerian Pendidikan Malaysia menutup sekolah di kawasan Kuala Lumpur, Putrajaya, dan tiga negara bagian lain akibat terdampak polusi asap dengan indikator “tidak sehat” dan “sangat tidak sehat”.    

Sementara itu di Pekanbaru, Riau, dinas pendidikan setempat tetap meminta murid-murid untuk kembali bersekolah pada Selasa. Padahal, pemerintah provinsi Riau sudah menetapkan status darurat dan meminta seluruh aktivitas belajar mengajar diliburkan karena pencemaran udara akibat kabut asap yang kian memburuk. 

2. Neraca perdagangan Agustus 2015 

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data perdagangan Indonesia untuk Agustus 2015, hari ini, Selasa, 15 September. Apa saja hal penting yang perlu kamu ketahui dari data perdagangan terkini BPS ini?

Berikut 5 di antaranya yang perlu kamu ketahui:

  • Nilai ekspor: Naik dari Juli, turun secara year-on-year
  • Amerika, Tiongkok, Jepang pasar utama ekspor non-migas
  • Provinsi eksportir terbesar: Jawa Barat
  • Nilai impor senasib dengan nilai ekspor
  • Negara sumber impor non-migas: Tiongkok, Jepang, Singapura

Selengkapnya bisa kamu baca di sini. 

3. Indeks persepsi korupsi 2015

Transparency International (TI) mengumumkan indeks persepsi korupsi Indonesia di sebelas kota.

Banjarmasin menempati peringkat teratas dengan skor 68. Kota Surabaya mengikuti di peringkat kedua dengan skor 65 dan Semarang dengan nilai 60. Sementara itu, Bandung berada di posisi paling bawah dengan nilai 39. Lihat daftar lengkapnya di sini. 

4. Indonesia tunggu keputusan The Fed 

Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) diprediksi tak akan menaikkan tingkat suku bunga acuannya dalam pertemuan rutin Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang akan berlangsung pada 16-17 September 2015 waktu setempat.

Bagi Indonesia, kenaikan tingkat suku bunga acuan The Fed diprediksi bisa menekan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat hingga menembus angka Rp 15.000 per dolar AS. 

5. Hasil pertandingan Liga Champions semalam

PSV Eindhoven berhasil menaklukkan Manchester United dengan skor 2-1 dalam laga pembuka Grup B UEFA Champions League (UCL) musim ini yang berlangsung pada Rabu dini hari, 16 September 2015. 

Sementara itu, wakil Inggris lainnya, Manchester City, harus menelan pil pahit di hadapan pendukungnya sendiri usai dikalahkan Juventus 1-2 dalam laga pembuka Grup D. —Rappler.com 

 

BACA JUGA:

 

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.